Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dua Warga Demak Positif Covid-19, Pemkab: Punya Riwayat ke Jakarta

Dua warga Demak dinyatakan terkonfirmasi positif  Covid-19. Satu orang tercatat sebagai warga di Kecamatan Sayung dan satu orang di Demak.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 09 April 2020  |  09:17 WIB
Ilustrasi-Petugas medis bersiap memeriksa masyarakat di Michigan Health Professionals Covid-19 melalui fasilitas pengujian di Millennium Medical Group di Farmington Hills, Michigan, Amerika Serikat, Selasa (7/4/2020). - Bloomberg/Emily Elconin
Ilustrasi-Petugas medis bersiap memeriksa masyarakat di Michigan Health Professionals Covid-19 melalui fasilitas pengujian di Millennium Medical Group di Farmington Hills, Michigan, Amerika Serikat, Selasa (7/4/2020). - Bloomberg/Emily Elconin

Bisnis.com, SEMARANG - Dua warga Demak dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Satu orang tercatat sebagai warga di Kecamatan Sayung dan satu orang di Demak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Singgih Setyono mengatakan bahwa dua orang yang diketahui positif Covid-19 ini pernah bepergian dan sering bolak balik ke Jakarta.

“Yang satu memang bekerja di Jakarta dan sering pulang menemui keluarganya. Sedangkan yang satu lagi pada pertengahan Maret lalu pernah ke Jakarta," kata Singgih, dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Kamis (19/4/2020).

Singgih memastikan dua warga Demak yang dinyatakan positif Covid-19 itu sudah mendapatkan penanganan secara medis.

Penanganan lanjutan yang dilakukan pihak pemkab, antara lain melakukan tracking kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien.

Tracking dilakukan dengan pemeriksaan rapid test kepada seluruh keluarga pasien. Isolasi atau karantina diberlakukan bagi keluarga yang terpapar Covid-19. Selain itu, pihaknya juga melakukan penyemprotan di rumah sekitar pasien dan seluruh kampung yang berdekatan dengan kampung pasien tersebut.

Dengan ditemukannya warga yang positif covid-19, pemerintah menyatakan Kabupaten Demak masuk dalam Zona Kuning. Masyarakat tidak perlu panik tetapi tetap harus waspada dan menjaga pola hidup sehat.

“Taati apa yang menjadi keputusan pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19, jangan keluar rumah bila tidak ada keperluan penting, selalu pakai masker saat keluar rumah, dan patuhi protokol Covid-19,” pungkas Singgih.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

demak Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top