Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kadin Jateng: Ada Mudik atau Tidak, Ekonomi Tetap Lesu

Wakil Ketua Kamar Dagang & Industri (Kadin) Jawa Tengah Bernardus Arwin mengatakan hampir semua sektor ekonomi saat ini dalam kondisi yang kurang baik.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 23 April 2020  |  20:02 WIB
Calon penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) berada di dekat loket pembelian tiket di Terminal Pulo Gebang di Jakarta, Kamis (23/4/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Calon penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) berada di dekat loket pembelian tiket di Terminal Pulo Gebang di Jakarta, Kamis (23/4/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, SEMARANG - Wakil Ketua Kamar Dagang & Industri (Kadin) Jawa Tengah Bernardus Arwin menyebut ada atau tidaknya mudik tak akan terlalu berpengaruh terhadap perekonomian Jawa Tengah.

Dia menuturkan hampir semua sektor ekonomi saat ini dalam kondisi yang kurang baik. Perusahaan termasuk usaha kecil mikro & menengah (UMKM) mulai melakukan pengetatan misalnya memotong gaji karyawan atau memberikan tunjangan hari raya yang berbeda dengan jumlah normal.

Selain itu, ada juga perusahaan yang sudah merumahkan & memutus hubungan kerja karyawannya, karena aktivitas produksi serta kinerja bisnisnya terhambat.

"Jadi mau mudik atau tidak ada mudik, sebenarnya tidak terlalu berpengaruh," kata Bernardus kepada Bisnis, Kamis (23/4/2020).

Bernardus mengatakan dengan kondisi saat ini, sangat tidak mungkin mengharapkan daya beli masyarakat seperti waktu normal. Apalagi, adanya kebijakan pembatasan sosial baik dalam bentuk social distancing maupun pembatasan sosial berskala besar membuat warga akan menghindari keramaian.

Akibatnya UMKM omsetnya juga akan terpengaruh. Namun, ada juga yang bisa tetap bertahan, apalagi unit-unit usaha lain yang terkait dengan wabah virus Corona (Covid-19) sebenarnya tetap bisa jalan.

"Jadi menurut saya intinya adalah yang penting ada kepastian. Supaya ini segera berakhir, dan kondisi menjadi normal," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kadin Mudik Lebaran Virus Corona
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top