Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hari Kuliner Nasional Tingkatkan Pendapatan UMKM Kota Semarang

Beberapa merchant yang menjual snack atau camilan mengalami kenaikan transaksi yang lebih tinggi, yaitu 30 persen dibandingkan sebelum masa pandemi.
Alif Nazzala R.
Alif Nazzala R. - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  12:10 WIB
Ilustrasi. - Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi. - Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, SEMARANG - Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) GoFood yang berlangsung 1 April - 5 Mei mendorong pendapatan UMKM kuliner di Kota Semarang meningkat 11 persen.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek Jateng dan DIY Arum K Prasodjo memaparkan bahwa tidak dapat dipungkiri ada kecemasan terhadap keberlangsungan usaha kuliner sejak diberlakukannya physical distancing.

Berbagai upaya untuk menciptakan demand pun dilakukan, termasuk Harkulnas GoFood, untuk meningkatkan eksposur dan visibilitas mitra usaha agar menjaga kelangsungan pendapatan mitra merchant termasuk UMKM.

"Namun jika dilihat dari jumlah transaksi di GoFood, kami justru melihat adanya peningkatan dalam satu bulan terakhir," kata Arum, Kamis (28/5/2020).

Menurutnya, dengan semakin ketatnya aturan yang membatasi kontak sosial, terdapat perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat makan (dine in), menjadi melakukan pemesanan makan secara online dari rumah.

“Selain hasil yang positif dari Harkulnas, harapan mitra usaha kuliner untuk bisa berangsur pulih terlihat semakin besar yang terlihat dari peningkatan transaksi serta pertumbuhan omzet rata-rata mitra merchant GoFood sebesar 10 persen di awal bulan Mei ini, dibandingkan minggu sebelumnya di bulan April," jelasnya.

Adapun, beberapa merchant yang menjual snack atau camilan mengalami kenaikan transaksi yang lebih tinggi, yaitu 30 persen dibandingkan sebelum masa pandemi. (K28)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng kuliner semarang
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top