Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reaktif Rapid Test, 9 Pedagang Pasar Bantul Ternyata Negatif Covid-19

Sebanyak 9 pedagang Pasar Bantul Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) yang dinyatakan reaktif saat rapid test, ternyata negatif Covid-19 saat menjalani tes PCR (Polymeras Chain Reaction).
Rapid test Covid-19 secara massal dilakukan terhadap pedagang di pasar rakyat Bantul/ANTARA-Hery Sidik
Rapid test Covid-19 secara massal dilakukan terhadap pedagang di pasar rakyat Bantul/ANTARA-Hery Sidik

Bisnis.com, BANTUL - Sebanyak 9 pedagang Pasar Bantul Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) yang dinyatakan reaktif saat rapid test, ternyata negatif Covid-19 saat menjalani tes PCR (Polymeras Chain Reaction).

Dinas Perdagangan (Disdag) Bantul menyatakan Pasar Bantul aman dikunjungi. Meski sempat dinyatakan reaktif pada tes cepat massal, sembilan pedagang di pasar tersebut dinyatakan negatif Covid-19 seusai tes usap (swab).

Kepala Disdag Bantul Sukrisna Dwi Susanta mengaku lega dengan hasil tes usap sembilan pedagang di Pasar Bantul. “Artinya pedagang dan pembeli bisa lebih nyaman melakukan kegiatan di tempat tersebut. Mereka pun tidak perlu waswas, karena hasil tes usap juga sudah keluar dan menyatakan negatif,” kata Sukrisna, Rabu (1/7/2020).

Kendati demikian, saat ini masih ada tiga pedagang lainnya yang masih menunggu hasil tes usap. Sukrisna mengatakan seusai rapid test terhadap pedagang Pasar Bantul beberapa waktu lalu, Disdag Bantul langsung menyemprotkan disinfektan ke seluruh wilayah Pasar Bantul.

“Ini juga kami lakukan ke pasar lainnya. Kami memang ada penyemprotan rutin. Selain mencegah kemungkinan penularan Covid-19, langkah ini kami harapkan mampu menambah rasa nyaman pedagang dan pengunjung,” terang Sukrisna.

Disdag juga terus mengingatkan ke pedagang dan pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan. Disdag memasang tempat cuci tangan di beberapa pasar dan terus menyosialisasikan kewajiban memakai masker. “Kami ingatkan juga pengunjung dan pedagang untuk cuci tangan. Di Pasar Bantul sendiri sudah ada setidaknya tiga wastafel yang kami pasang,” ungkap Sukrisna.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja mengatakan jawatannya tidak mengeluarkan rekomendasi agar pusat perbelanjaan untuk ditutup. Jika ada pedagang pasar yang dinyatakan positif covid-19, kegiatan di pasar akan dihentikan sementara untuk dilakukan desinfektasi.

Dinkes akan melakukan koordinasi dengan petugas di puskesmas sebagai tindak lanjut dari rencana pelaksanaan RDT di seluruh pasar wilayah Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Jumali
Editor : Sutarno
Sumber : Harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler