Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bupati dan Sekda Pemalang Positif Covid, Peserta Panen Raya Diminta Tes

Bupati Pemalang mengatakan bahwa roda pemerintahan saat ini sementara diserahkan kepada wakil bupati.
Ilustrasi sample darah yang terindikasi positif virus corona./Antara-Shutterstock
Ilustrasi sample darah yang terindikasi positif virus corona./Antara-Shutterstock

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memastikan roda pemerintahan di Kabupaten Pemalang tetap berjalan. Meskipun baru-baru ini, Bupati Pemalang Junaidi dan sejumlah pejabat di pemkab Pemalang termasuk Sekda dinyatakan positif Covid-19.

Ganjar mengatakan, sudah berkoordinasi dengan Bupati Pemalang terkait hal itu. Dalam koordinasi itu, Bupati Pemalang mengatakan bahwa roda pemerintahan saat ini sementara diserahkan kepada wakil bupati.

"Sudah saya komunikasikan, pertama soal kesehatan. Pak bupati bilang sehat, bergas. Beliau izin pemerintahan diserahkan pada wakil dan saya setujui," kata Ganjar, Rabu (22/7/2020).

Ganjar memastikan, pelayanan pada masyarakat di Pemalang tidak akan terganggu. Menurutnya, masih banyak orang yang bisa menghandle pekerjaan di sana.

Ganjar juga meminta agar tracing kontak dekat, erat dan sosial terhadap Bupati, istri bupati dan sejumlah pejabat yang positif Covid-19 di Pemalang digencarkan. Baik keluarga maupun teman kerja yang pernah bersinggungan diminta untuk dilakukan pemeriksaan.

Selain itu, Ganjar juga meminta agar acara-acara yang menimbulkan keramaian yang rencananya digelar di Pemalang ditunda dulu.

"Di sana kan katanya mau ada acara dengan kades-kades, saya minta tunda dulu. Termasuk ada kawinan yang mau mengundang banyak orang, tidak boleh pokoknya. Ini pelajaran untuk kita semuanya, ndak boleh ada acara rame-rame dulu," tegasnya.

Ganjar juga menyoroti acara panen raya yang beberapa hari lalu digelar di Pemalang. Ia meminta semua yang hadir dalam acara itu untuk segera tes Covid-19.

"Saya sebenarnya diundang, tapi kebetulan tidak bisa hadir. Maka siapa saja yang kemarin hadir dalam acara panen raya itu, lebih baik segera tes. Kan kita tidak tahu kemarin ketemu siapa, kiri kanan siapa yang kemungkinan bisa menularkan virus itu," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Pemalang, Junaidi dinyatakan positif Covid-19. Tak hanya seorang diri, istrinya Irna Setiawati dan sejumlah pejabat pemerintahan termasuk Sekda Pemalang juga dinyatakan positif Covid-19. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper