Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemudik di Terminal Bus Klaten Naik sehari Jelang Iduladha

Jumlah pemudik ke Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, meningkat sehari menjelang Iduladha, yang terlihat dari lonjakan kedatangan penumpang di terminal bus Ir Soekarno.
Ponco Suseno
Ponco Suseno - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  17:10 WIB
Terminal Bus Tipe A Ir. Soekarno Kabupaten Klaten. Foto: Dephub.go.id
Terminal Bus Tipe A Ir. Soekarno Kabupaten Klaten. Foto: Dephub.go.id

Bisnis.com, KLATEN – Jumlah pemudik ke Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, meningkat sehari menjelang Iduladha, yang terlihat dari lonjakan kedatangan penumpang di terminal bus Ir Soekarno.

Jumlah pemudik yang turun di Terminal Tipe A Ir Soekarno Klaten naik pada H-1 Iduladha, Kamis (30/7/2020). Sehari menjelang Iduladha, jumlah penumpang yang turun di Terminal Tipe A Ir. Soekarno mencapai 67 orang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, petugas di Terminal Tipe A Ir. Soekarno dan Satlantas Polres Klaten memantau pemudik dari Jakarta dan sekitarnya yang pulang ke Klaten pada Iduladha 2020.

Dalam sepekan terakhir, jumlah pemudik yang turun di terminal tersebut selalu berubah-ubah setiap harinya. Sebanyak 67 penumpang bus yang turun di Terminal Tipe A Ir. Soekar o dinilai paling tinggi dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Satu pekan sebelum Iduladha, jumlah penumpang yang turun di terminal setempat berkisar 17-63 orang.

"Setiap pemudik yang turun di Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten saat sekarang [Iduladha] perlakuannya masih sama seperti saat Idulfitri 2020. Selain diperiksa suhu tubuh, masing-masing penumpang itu diminta mengisi surat pernyataan yang berisi identitas diri, alamat tujuan, lama di tempat tujuan, dan sanggup mengisolasi mandiri di rumahnya masing-masing," kata Kepala Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten, Marjono, kepada Solopos.com, Kamis (30/7/2020).

Dari Kota Besar

Marjono mengatakan catatan pemudik yang turun di Terminal Ir Soekarno Klaten mencapai 67 orang itu terhitung, Kamis (30/7/2020) pukul 00.00 WIB-12.00 WIB. Selain dari Jakarta dan sekitarnya, pemudik juga berasal dari berbagai kota besar di Tanah Air.

"Ada juga dari Bandung, Serang, Surabaya, dan lainnya," katanya.

Hal senada dijelaskan Kasatlantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugrah Rachman, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu. Hasil pantauan terhadap pemudik yang turun di Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten langsung dikoordinasikan dengan Gusgas PP Covid-19 di tingkat kecamatan.

Hal itu dilakukan guna mempermudah pengawasan terhadap pemudik agar tetap menaati protokol pencegahan Covid-19 di rumah mereka masing-masing.

"Memang masih ada pemudik yang pulang kampung saat Iduladha 2020. Selain mengawasi di terminal, kami juga tetap memantau arus lalu lintas di jalan utama. Hasilnya, pemudik yang pulang kampung mengendarai kendaraan pribadi tak begitu banyak. Arus lalu lintas di jalan utama di Klaten relatif lancar dalam satu pekan terakhir," kata AKP Bobby Anugrah Rachman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mudik klaten iduladha
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top