Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

3 Wilayah Alami Kekeringan Ekstrim di Jateng. Ini Lokasinya

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat tiga wilayah rawan kekeringan di Jateng, yaitu Kebumen bagian Selatan, Klaten bagian Selatan, dan Wonogiri bagian Barat.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  12:31 WIB
Areal pertanian dilanda kekeringan.  - Bisnis.com
Areal pertanian dilanda kekeringan. - Bisnis.com

Bisnis.com, SEMARANG -  Tiga wilayah di Jawa Tengah memasuki kriteria kekeringan ekstrim saat musim kemarau tahun 2020, yaitu di Kebumen, Klatenn, dan Wonogiri.

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat tiga wilayah rawan kekeringan di Jateng, yaitu Kebumen bagian Selatan, Klaten bagian Selatan, dan Wonogiri bagian Barat.

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Semarang, Iis W Harmoko mengatakan, ketiga wilayah tersebut mengalami lebih dari 60 hari tanpa hujan yang terpantau dari monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) di Dasarian III Juli 2020.

"Wilayah dengan kriteria sangat panjang (31-60 hari tanpa hujan) terjadi di sebagian Sragen Selatan, Karanganyar Selatan, Sukoharjo Selatan, Klaten, Wonogiri, Magelang, Purworejo, dan Kebumen Tengah," katanya Selasa (4/8/2020).

Pihaknya, mengimbau kepada masyarakat untuk waspada potensi kekeringan pada Bulan Agustus ini.

"Hal-hal yang perlu diwaspadai tentunya adalah kekurangan air bersih dan bahaya kebakaran hutan/lahan. Sehingga masyarakat perlu ada upaya dalam menghemat penggunaan air dan berhati-hati apabila melakukan aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan api seperti membakar sampah," katanya.

Sementara untuk wilayah dengan kriteria panjang (21-30 hari tanpa hujan), terjadi di Brebes Barat, Tegal Selatan, Jepara bag Tengah, Rembang, Grobogan, Kab Semarang, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Klaten, Magelang, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Banjarnegara, dan Purbalingga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemarau wonogiri kebumen klaten kekeringan
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top