Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Letusan Kawah Oro-oro Kesongo Blora Telan 17 Kerbau

Lumpur terdorong dari bumi dengan ketinggian mencapai 40 meter lebih menimbun daerah sekitar.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  18:14 WIB
Ilustrasi lumpur semburan.
Ilustrasi lumpur semburan.

Bisnis.com, SEMARANG - Kawah Oro-oro Kesongo di Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, meletus, Kamis (27/8/2020). Empat warga dilaporkan keracunan gas dan 17 kerbau tertelan lumpur, dan satu ekor kerbau selamat.

Letusan kawah di kawasan padang rumput di wilayah Perhutani KPH Randublatung Kesongo sejak Kamis pagi dinilai cukup besar. Situs berita Suarabaru.id melaporkan letusan kawah lumpur diawali suara gemuruh tanah bergetar.

Lazimnya warga setempat memang menggembalakan ternak di sekitar pusat letusan yang berada di hamparan tanah lapang berumput tersebut. Ada rawa tempat biasa ternak minum di dekat pusat semburan. Saat kejadian sejumlah kerbau sudah mendekati rawa.

Alhasil ketika lumpur terdorong dari bumi dengan ketinggian mencapai 40 meter lebih menimbun daerah sekitar. Termasuk kerbau yang berada tak jauh dari lokasi letusan.

Video yang beredar menunjukkan letusan lumpur berulang. Tinggi dan luasan luapan lumpur tergambar jelas. Warga sempat juga menyelamatkan seekor kerbau yang tertimbun lumpur.

Warga menarik dan menopang agar kerbau bisa berdiri, membersihkan lumpur di mata, hidung dan mulut hewan berkulit hitam. Mereka membawa ember berisi air guna memudahkan menghilangkan lumpur dari hewan yang selamat dari maut tersebut.

Sejauh ini belum diketahui detail luasan dampak letusan, Kamis pagi tersebut. Namun demikian, kejadian ini menyebabkan empat warga pingsan. Tidak ada korban jiwa manusia dampak semburan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng erupsi

Sumber : suarabaru.id dan youtube

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top