Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Setelah 7 Tahun, SPAM Regional Keburejo Akhirnya Selesai Dibangun

Kabupaten Kebumen dan Purworejo sampai saat ini masih membutuhkan pasokan air baku yang besar untuk memenuhi kebutuhan perkotaan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  15:12 WIB
Foto udara jalur lintas selatan di Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (10/5/19). - ANTARA/Puspa Perwitasari
Foto udara jalur lintas selatan di Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (10/5/19). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah merampungkan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) Keburejo di Jawa Tengah yang dimulai sejak 2013.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa SPAM Keburejo melayani masyarakat di dua kabupaten di Jawa Tengah yaitu Kebumen dan Purworejo.

“Kita butuh lompatan agar target 100 persen pelayanan air layak minum dapat tercapai. Sebagai kewajiban bersama dalam menyediakan akses air minum, Kementerian PUPR melalui alokasi APBN memberi dukungan kepada daerah baik yang bersifat bimbingan teknis, penguatan kelembagaan, dan pembangunan fisik SPAM Regional,” katanya melalui siaran pers, Jumat (16/10/2020).

Kabupaten Kebumen dan Purworejo sampai saat ini masih membutuhkan pasokan air baku yang besar untuk memenuhi kebutuhan perkotaan.

Untuk itu, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah, Ditjen Cipta Karya dan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak Ditjen Sumber Daya Air mulai membangun SPAM Regional Keburejo pada 2013 dan sudah dapat dioperasikan pada tahun ini.

SPAM Regional Keburejo memiliki kapasitas total 600 liter/detik yang dialokasikan untuk Kabupaten Kebumen 400 liter/detik atau setara 32.000 sambungan rumah dan Kabupaten Purworejo 200 liter/detik setara dengan 16.000 sambungan rumah.

Pembangunan SPAM regional ini memanfaatkan sumber air dari Waduk Wadaslintang dan Sungai Bedegolan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

spam
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top