Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konsumsi Pertamax Turbo Meningkat Drastis Pada Long Weekend di Jateng & DIY

Pertamax Turbo dan Pertamax dipilih karena mampu memberikan performa terbaik bagi mesin kendaraan, khususnya untuk menempuh perjalanan jauh di masa libur panjang.
Farodilah Muqoddam
Farodilah Muqoddam - Bisnis.com 02 November 2020  |  15:19 WIB
PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV wilayah Jawa Tengah & DI Yogyakarta mencatat kenaikan konsumsi BBM selama periode libur panjang akhir pekan yang berlangsung pada 28 Oktober/1 November 2020. (Foto: Istimewa)
PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV wilayah Jawa Tengah & DI Yogyakarta mencatat kenaikan konsumsi BBM selama periode libur panjang akhir pekan yang berlangsung pada 28 Oktober/1 November 2020. (Foto: Istimewa)

Bisnis.com, SEMARANG — Libur panjang akhir pekan atau long weekend yang berlangsung pada 28 Oktober—1 November 2020 berimbas pada peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. Peningkatan konsumsi bahan bakar terjadi seiring dengan banyaknya kendaraan yang masuk dan hilir mudik di kawasan ini selama periode libur.

Pejabat sementara (Pjs.) Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV wilayah Jawa Tengah & DI Yogyakarta menyebut peningkatan konsumsi BBM tersebut sebesar 4% untuk jenis gasoline, saat ini berada di angka 12.306 KL per hari.

Di antara peningkatan produk BBM gasoline, yang mengalami penambahan konsumsi tertinggi pada masa long weekend adalah Pertamax Turbo hingga 104%, Pertamax hingga 11%, dan Pertalite 4%. Sementara Premium mengalami penurunan konsumsi hingga 59% dibandingkan dengan masa sebelum libur panjang.

Menurut Kevin, Pertamax Turbo dan Pertamax dipilih karena mampu memberikan performa terbaik bagi mesin kendaraan, khususnya untuk menempuh perjalanan jauh di masa libur panjang.

“Konsumen sudah mulai sadar akan produk BBM yang berkualitas dan sesuai untuk kendaraan dengan teknologi saat ini, yaitu minimal RON 90 ke atas,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (2/10/2020).

Peningkatan konsumsi Pertamax Series juga diikuti dengan peningkatan konsumsi BBM berkualitas jenis gasoil, yaitu Pertamina Dex sebesar 73% dan Dexlite 6%.

Saat ini rata-rata harian konsumsi BBM gasoil secara keseluruhan berada di angka 5.604 KL. Pertamina Dex dan Dexlite alami peningkatan, sementara Bio Solar menurun 4% jika dibandingkan hari-hari sebelum long weekend.

Kevin menambahkan, produk-produk BBM yang berkualitas selain memberikan pengaruh yang sangat baik bagi kendaraan dengan performa optimal, juga memberikan dampak yang baik bagi lingkungan.

“Tidak hanya meningkatkan performa mesin kendaraan, pemilihan Pertamax Series dan Dex Series juga memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan, karena kadar gas buang emisi yang dihasilkan lebih sedikit,” tambahnya.

Kevin menuturkan Pertamina akan terus memberikan edukasi kepada masayarakat dan pelanggan setia agar memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan, baik untuk BBM jenis gasoline maupun jenis gasoil.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina senantiasa mendukung program pemerintah untuk memeratakan penyaluran energi seperti BBM dan LPG kepada masyarakat. Bagi pelanggan dan konsumen yang ingin mendapatkan informasi layanan produk, layanan pesan antar maupun memberikan kritik dan saran, pelanggan setia Pertamina dapat menghubungi Pertamina Call Centre 135.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina long weekend
Editor : Farodilah Muqoddam
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top