Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Konsumsi BBM di Tol Trans Jawa di Jateng Naik 300 Persen

Saat normal, rata-rata harian penyaluran BBM sebanyak 60 kiloliter (KL) per hari, namun saat cuti bersama ini tercatat hingga 178 KL per hari.
Alif Nazzala R.
Alif Nazzala R. - Bisnis.com 01 November 2020  |  19:52 WIB
Konsumsi BBM di Tol Trans Jawa di Jateng Naik 300 Persen
Ilustrasi.
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG – Selama libur panjang cuti bersama terhitung mulai tanggal 28 Oktober 2020 kemarin, PT Pertamina (Persero) di wilayah Marketing Operation Region IV Jawa Bagian Tengah mencatat kenaikan konsumsi BBM hampir 300 persen di SPBU tol Trans Jawa terutama di ruas A (Jakarta menuju Surabaya) yaitu km. 379, 429 dan 519.

"Kenaikan konsumsi BBM di SPBU tol trans Jawa km. 379 misalnya, saat normal, rata-rata harian penyaluran BBM sebanyak 60 kiloliter (KL) per hari, namun saat cuti bersama ini tercatat hingga 178 KL per hari. Kenaikan tertinggi tersebut terjadi pada tanggal 28 Oktober lalu," kata Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR IV, Kevin Kurnia Gumilang Minggu (1/11/2020).

Kevin menambahkan sedangkan untuk total konsumsi BBM jenis gasoline di wilayah Jawa Bagian Tengah (Jateng dan DI Yogyakarta), Pertamina mencatat adanya kenaikan sebesar 4 persen dari rata-rata harian 11.600 KL menjadi 12.100 KL.

“Sementara untuk konsumsi BBM jenis gasoil (biosolar dan dex series) cenderung stabil di angka 5.700-5.800 KL, begitu pula dengan LPG juga stabil di angka 4.200 metric ton (MT) per harinya”, ungkapnya.

Pertamina siagakan mobile storage dan amankan pasokan di ruas B tol trans Jawa (Surabaya menuju Jakarta) jelang arus balik.

Sementara itu, sebagai upaya antisipasi kenaikan konsumsi terutama di SPBU jalur tol trans Jawa, Pertamina MOR IV menyiagakan mobile storage baik di SPBU ruas A (Jakarta – Surabaya) maupun ruas B (Surabaya – Jakarta).

“Mobile storage merupakan truk tangki BBM yang disiagakan di SPBU rest area tol trans Jawa dan berfungsi untuk pengisian secara cepat jika sewaktu-waktu terjadi peningkatan konsumsi yang signifikan”, ujar Kevin.

Pertamina juga telah menyiagakan stok BBM di ruas B tol trans Jawa sebagai upaya antisipasi lonjakan konsumsi saat arus balik hari ini.

"Untuk wilayah Jawa Bagian Tengah, Pertamina telah menyiagakan stok BBM di ruas B tol trans Jawa terutama di SPBU km. 519, km. 389, km. 360 dan km. 260. Diharapkan konsumen tidak lupa untuk mengisi full tangki BBM sebelum berkendara dalam jarak jauh terutama saat melewati ruas tol trans Jawa," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng semarang
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top