Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

397 Unit Program Bedah Rumah di Sleman Selesai Dibangun

Program Bedah Rumah menyasar Sleman, Yigyakarta, dan 397 rumah di daerah tersebut sudah selesai dibangun.
Ilustrasi hunian hasil nedah rumah./Kementerian PUPR
Ilustrasi hunian hasil nedah rumah./Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 397 rumah di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap pertama dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah selesai dibangun.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid didampingi Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa III Mochamad Mulya Permana mengatakan untuk Program BSPS tahap pertama sebanyak 397 unit di Kabupaten Sleman telah selesai dibangun.

"Masyarakat kini tinggal di hunian yang nyaman," ujarnya dalam siaran pers pada Selasa (3/11/2020), mengenai progres pembangunan yang kerap kali disebut sebagai Program Bedah Rumah itu. 

Program BSPS menyasar kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang memiliki tempat tinggal rumah tidak layak huni (RTLH).

Untuk menandai selesainya pelaksanaan Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya (PKRS) tahap pertama di Sleman, dia meninjau langsung ke rumah penerima bantuan bedah rumah di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, untuk memasang peneng khusus Program BSPS.

"Program BSPS ini dapat menggerakkan kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat. Meski pemerintah hanya menyalurkan Rp17,5 juta, pembangunan rumah ini dapat berhasil dan mewujudkan struktur bangunan yang  bagus dan tahan gempa. Jumlah keswadayaan penerima BSPS bisa lebih dari Rp40 juta," ujarnya.

Khalawi menuturkan jumlah anggaran yang digunakan untuk PKRS program BSPS tahap pertama yang telah selesai di Sleman senilai Rp6,95 miliar, sedangkan total RTLH yang mendapatkan Program BSPS di Yogyakarta sebanyak 5.000 unit rumah dengan total anggaran Rp87,5 miliar.

Pelaksanaan Program BSPS di DI Yogyakarta tersebar di lima kota/kabupaten, yaitu Kabupaten Sleman 1.044 unit, Kabupaten Kulon Progo 704 unit, Kabupaten Gunung Kidul 1.525 unit, Kabupaten Bantul 1.577 unit, dan Kota Yogyakarta 150 unit.

Salah satu warga yang menerima BSPS, Haryadi, yang bertempat tinggal di Jetak II RT 04 RW 04 Desa Sidokarto, Kecamatan Godean, Sleman, mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah, khususnya Kementerian PUPR yang membantu meningkatkan kualitas rumahnya.

"Saya dan keluarga berterima kasih oleh Kementerian PUPR karena telah menambah motivasi dan semangat masyarakat khususnya Program BSPS bagi masyarakat berpenghasilan rendah," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper