Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HUT ke-49 Korpri, Jateng Bangun 237 Rumah Layak untuk ASN

Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Jawa Tengah yang belum memiliki rumah sekarang tak perlu khawatir lagi. Pasalnya, Korpri Jateng siap memberikan fasilitas rumah pada ASN Jateng dengan kualitas bagus dan harga terjangkau.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 27 November 2020  |  12:27 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menyerahkan unit rumah kepada ASN. - Istimewa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menyerahkan unit rumah kepada ASN. - Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Jawa Tengah yang belum memiliki rumah sekarang tak perlu khawatir lagi. Pasalnya, Korpri Jateng siap memberikan fasilitas rumah pada ASN Jateng dengan kualitas bagus dan harga terjangkau.

Tepat di hari jadi ke-49, Korpri Jateng meluncurkan program pembangunan perumahan bagi ASN yang belum memiliki rumah. Perumahan yang terletak di Kelurahan Bangetayu Kota Semarang itu menempati lahan seluas 9,8 hektare dengan jumlah perumahan yang disiapkan sebanyak 237 unit.

Peletakan batu pertama perumahan Korpri Jateng itu dilakukan secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Jumat (27/11/2020). Ganjar berharap, program perumahan ini bisa membuat ASN yang belum memiliki rumah merasa lebih ayem.

"Ini program Korpri Peduli yang dilakukan teman-teman Korpri Jateng. Mudah-mudahan ini bisa dinikmati sebagai tempat bertemu keluarga dan membuat hatinya lebih ayem. Kalau sudah ada rumah, makan cukup, sandang cukup kan pasti ayem. Dan tentu harapannya, kinerjanya akan semakin baik," kata Ganjar melalui siaran persnya.

Ganjar menegaskan, program perumahan bagi ASN tersebut memiliki syarat yang ketat. Mereka yang bisa mendapatkan rumah itu, harus benar-benar belum memiliki rumah, minimal 3 tahun menjadi ASN dan harus ditempati serta tidak boleh dijual.

"Ini cara kita memberikan kesejahteraan bagi teman-teman ASN. Meski rumahnya kecil, tapi saya harap penataan lingkungan dan designnya diperhitungkan, agar semuanya nyaman," tuturnya.

Program pembangunan perumahan bagi ASN lanjut Ganjar membuktikan bahwa Korpri Jateng telah melakukan gerakan revitalisasi. Tidak hanya melakukan pembinaan ke dalam, namun sekarang lebih proaktif membantu masyarakat luas.

"Sekarang Korpri lebih proaktif, ada produk pertanian nggak laku langsung dibeli, ada masalah apa lagi langsung dibantu, rumah tidak layak huni dibangunkan dan lainnya. Kontribusinya semakin nyata di masyarakat, tidak hanya bersifat ekslusif, tapi banyak gerakan yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas," ujarnya.

Tak hanya itu, sebagai institusi yang menaungi ASN, Korpri juga sangat membantu dalam kesuksesan sejumlah program kerja pemerintahan di Jawa Tengah. Mereka selalu komitmen menjaga integritas, selalu transparan dan melayani dengan sepenuh hati.

"Maka beberapa penghargaan yang kemarin kita dapatkan, menunjukkan komitmen mereka yang serius menjaga itu. Maka saya senang karena mereka semua memegang teguh apa yang menjadi kesepakatan bersama," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Korpri Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, akan ada 237 unit perumahan yang diperuntukkan bagi ASN di lokasi itu. Perumahan type 36 dengan luas tanah 64-210 meter persegi itu dibanderol dengan harga Rp265 juta.

"Persyaratannya ketat, jadi ini benar-benar untuk mereka yang belum punya rumah. Kami bekerjasama dengan Bank Jateng untuk sistem KPR nya, yang tentunya berbeda dengan KPR bank lainnya," tuturnya.

Selain membangun perumahan, dalam acara Hut Korpri Jateng ke-49 itu, sejumlah acara bakti sosial juga dilakukan. Diantaranya rehabilitasi 50 rumah tidak layak huni dan pembagian ratusan paket sembako pada masyarakat. (k28)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top