Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

17.000 Bibit Pohon Ditanam di Seputaran Rawapening

Sebanyak 7.000 bibit di antaranya telah ditanam terlebih dulu, dan pada acara Sabtu (9/1/2021) ditanam 10.000 bibit dengan jenis bibit pohon berbuah.
Alif Nazzala R.
Alif Nazzala R. - Bisnis.com 09 Januari 2021  |  14:52 WIB
Penanaman 17.000 pohon di Hulu Sungai Parat DAS Rawapening, Dusun Banyudono, Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. - Ist
Penanaman 17.000 pohon di Hulu Sungai Parat DAS Rawapening, Dusun Banyudono, Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. - Ist

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama masyarakat di Hulu Sungai Parat DAS Rawapening, Dusun Banyudono, Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang menanam 17.000 bibit pohon sebagai upaya untuk menjaga kelestarian Rawapening.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, 7.000 bibit di antaranya telah ditanam terlebih dulu, dan pada acara Sabtu (9/1/2021) ditanam 10.000 bibit dengan jenis bibit pohon berbuah.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah Widi Hartanto, menjelaskan bahwa gerakan ini merupakan kelanjutan dari gerakan yang sudah digagas sejak tahun 2020.

"Kegiatan ini merupakan investasi jangka panjang dalam rangka menjaga kelestarian Rawapening," kata Widi melalui siaran persnya Sabtu (9/1/2021).

Dia menambahkan, di Kabupaten Semarang ada sebanyak 13.999 Ha lahan dengan kategori Sangat Kritis dan Kritis. Sementara di Desa Banyubiru sendiri, terdapat 1,3 Ha lahan dengan kategori kritis dan sangat kritis.

“Tentunya ini bagian dari upaya untuk rehabilitasi dan konservasi tanah dan air untuk pengurangan erosi dan sedimentasi di hulu DAS Rawapening. Bibit pohon antara lain Durian, Mangga, Alpokat, Sengon hingga Matoa. Ini akan berkelanjutan di lahan kritis lain yang ada di Jawa Tengah,” katanya. (k28)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng penghijauan
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top