Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tim Macan Garuk Pelanggar PPKM di Semarang Barat

Satpol PP Kota Semarang menutup 5 restoran dan kafe yang masih melayani pengunjung di atas jam operasional.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 14 Januari 2021  |  05:11 WIB
Petugas Satpol PP Kota Semarang menutup tempat usaha yang melanggar ketentuan PPKM, Rabu (13/1/2021). JIBI - Bisnis/ Muhammad Faisal Nur Ikhsan
Petugas Satpol PP Kota Semarang menutup tempat usaha yang melanggar ketentuan PPKM, Rabu (13/1/2021). JIBI - Bisnis/ Muhammad Faisal Nur Ikhsan

Bisnis.com, SEMARANG – Operasi Yustisi masih digencarkan petugas Satpol PP Kota Semarang. Pada Rabu (13/1/2021) malam, petugas mengerahkan Tim Macan untuk menyisir wilayah Semarang Barat.

Dari operasi tersebut didapati restoran, kafe, serta pedagang kaki lima (PKL) yang beroperasi melebihi waktu yang diperbolehkan.

“Memang sudah jauh-jauh hari saya sampaikan, pasti akan kami datang tidak melakukan sosialisasi, tapi langsung kami melakukan penertiban. Kita hadir, ya kita segel,”ungkap Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, setelah melakukan penyisiran.

Pada operasi tersebut, sebanyak 5 tempat usaha ditutup. Kebanyakan merupakan restoran atau rumah makan cepat saji.

Tak hanya itu, petugas juga menyegel kafe yang melanggar aturan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kalau ada yang berani membuka police line, nanti akan kami beri sanksi dan akan kami rekomendasikan untuk menutup tempat itu,” tegas Fajar.

Satpol PP Kota Semarang akan membuka segel tersebut setelah 4 hari penutupan. Pengusaha juga bisa mengambil kembali perlengkapan usaha yang disita petugas.

Pengusaha hanya perlu membawa surat keterangan dari Kantor Kelurahan dan Kecamatan. Tak ada denda atau biaya yang mesti dibayarkan pengusaha.

Rencananya, Operasi Yustisi akan digencarkan selama diberlakukannya PPKM di Kota Semarang, yaitu pada 11 – 25 Januari 2021.

Petugas Satpol PP Kota Semarang mengagendakan penyisiran di beberapa wilayah sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Giat ini tidak hanya dilakukan pada malam hari, tapi juga siang hari untuk  memastikan kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Tak hanya itu, operasi ini juga dilakukan untuk memastikan kepatuhan pelaku usaha akan aturan PPKM.

“Saya berterimakasih kepada pengelola mal yang sudah tertib semua. Karaoke juga 99 persen sudah tertib. Makanya tadi kita sisir PKL-PKL di jalan. Kita adil. Tadi kafe juga disegel,” jelas Fajar.

Pada operasi sebelumnya, Satpol PP Kota Semarang juga telah menutup 3 tempat usaha.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semarang operasi yustisi
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top