Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyandang Disabilitas Diberi Pelatihan Pembuatan SIM di Semarang

Jadi ini adalah terobosan dari Polrestabes Semarang, agar masyarakat dengan keterbatasan khusus bisa mengikuti tes pembuatan SIM dan nantinya dapat memiliki SIM.
Alif Nazzala R.
Alif Nazzala R. - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  15:30 WIB
Polrestabes Semarang memberi pelatihan gratis kepada penyandang disabilitas. - Bisnis/Alif N.
Polrestabes Semarang memberi pelatihan gratis kepada penyandang disabilitas. - Bisnis/Alif N.

Bisnis.com, SEMARANG - Polrestabes Semarang memberi pelatihan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi penyandang disabilitas dan masyarakat umum. Program tersebut merupakan program 100 hari kerja Kapolri.

Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit mengatakan bahwa pelatihan gratis ini dikhususkan untuk orang yang menyandang keterbatasan fisik dan masyarakat lainnya.

“Jadi ini adalah terobosan dari Polrestabes Semarang, agar masyarakat dengan keterbatasan khusus bisa mengikuti tes pembuatan SIM dan nantinya dapat memiliki SIM. Bisa memiliki hak yang sama,” kata AKBP Sigit di sela-sela pelatihan di Kantor Kecamatan Semarang Barat, Rabu (3/3/2021).

AKBP Sigit mengatakan, Polrestabes juga mendatangi satu persatu penyandang disabilitas yang memiliki kendaraan sesuai dengan data yang diperoleh dari kelompok difabel kemudian anggota Satlantas Polrestabes mendatangi rumah masing-masing.

“Saat kita data, kita juga menjelaskan kepada mereka bahwa akan diadakan pelatihan gratis. Kita juga akan permudah dalam pembuatan SIM ini khusus mereka,” jelas Sigit.

Lebih lanjut ia mengatakan, pembuatan SIM ini untuk penyandang disabilitas merupakan SIM khusus. Berbeda dengan pembuatan SIM pada umumnya.

“Memang berbeda dengan SIM pada umumnya. Yakni SIM B khusus yang kita berikan, sedangkan untuk roda empat SIM nya D1 khusus,” imbuhnya. (k28)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri semarang
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top