Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulog Jateng Sediakan Paket Ramadan

Dalam rangka menjaga stabilitas harga di tingkat produsen, Bulog juga terus melakukan kegiatan pengadaan gabah/beras dalam negeri. Sampai dengan saat ini, pengadaan gabah/beras sebanyak 39.039 ton setara Beras.
Ilustrasi./Bisnis-Nurul Hidayat
Ilustrasi./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, SEMARANG - Menjelang bulan suci Ramadan, Perum Bulog Kanwil Jateng memastikan stok beras dalam kondisi aman. Sampai dengan saat ini, ketahanan stok beras masih sebanyak 81.273 ton, yang mampu mencukupi kebutuhan sampai dengan 5 bulan ke depan.

Pemimpin Perum Bulog Kanwil Jateng, Miftahul Ulum mengatakan, sebagai operator pangan, Bulog selalu siap memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya selama Ramadan. Bulog menjamin ketersediaan beras dan siap menjaga stabilisasi harga di tingkat produsen maupun konsumen.

"Stok beras Bulog di Jateng masih sangat aman, dan siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan," katanya Jumat (9/4/2021).

Menurutnya, dalam rangka menjaga stabilitas harga di tingkat produsen, Bulog juga terus melakukan kegiatan pengadaan gabah/beras dalam negeri. Sampai dengan saat ini, pengadaan gabah/beras sebanyak 39.039 ton setara Beras.

"Saat ini Bulog masih terus melakukan pengadaan gabah/beras, dengan target penyerapan DN tahun 2021 dari Perum Bulog Jateng sebesar 204.000 ton setara beras," ungkapnya.

Dia menjelaskan, Perum Bulog Kanwil Jateng terus berupaya meningkatkan kegiatan pengadaan demi kesejahteraan petani, dengan menerjunkan Satker Pengadaan gabah/beras di setiap Kab/Kota yang ada di Jawa Tengah. Apalagi, saat ini masih dalam masa panen raya.

Miftahul Ulum menjelaskan, sesuai dengan Permendag No.24 tahun 2020, harga pembelian gabah kering panen dalam negeri dengan kualitas kadar air paling tinggi 25 persen dan kadar hampa atau kotoran paling tinggi 10 persen adalah sebesar Rp4.200 per kilogram di petani atau Rp4.250 per kilogram di penggilingan.

Sedangkan harga pembelian gabah kering giling dalam negeri, dengan kualitas kadar air paling tinggi 14 persen dan kadar hampa atau kotoran paling tinggi 3 persen sebesar Rp5.250 per kilogram di penggilingan atau Rp5.300 per kilogram di gudang Perum Bulog.

Harga pembelian beras dalam negeri dengan kualitas kadar air paling tinggi 14 persen, butir patah paling tinggi 20 persen, kadar menir paling tinggi dua persen dan derajat sosoh paling sedikit 95 persen sebesar Rp8.300 per kilogram di depan gudang Perum Bulog.

Sementara, di sisi lain, dalam rangka stabilisasi harga di tingkat konsumen, Perum Bulog Kanwil Jateng tetap melakukan penjualan beras CBP melalui program pemerintah KPSH (Ketersediaan Pangan dan Stabilisasi Harga). Program ini akan terus dilaksanakan sepanjang tahun 2021.

Di samping upaya stabilisasi harga di tingkat konsumen yang dilaksanakan melalui program KPSH, stok beras CBP juga dapat dimanfaatkan oleh masing-masing pemerintah daerah, kabupaten maupun kota, untuk ketahanan pangan bagi korban bencana alam.

"Terjadinya bencana tentunya tidak kita harapkan. Namun, kadangkala juga tidak dapat kita hindari harus terjadi. Setiap kabupaten/kota mempunyai alokasi stok CBP yang dikelola Bulog sebanyak 100 ton per tahun, yang dapat dimintakan penyalurannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelasnya.

Sementara, selain beras, dalam rangka menghadapi puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, Perum Bulog Kanwil Jateng juga siap fasilitasi kebutuhan komoditi pangan pokok yang lain untuk masyarakat, seperti gula, minyak goreng, daging sapi, maupun daging kerbau, serta tepung terigu yang ketersediaan stoknya saat ini relatif cukup.

"Bulog Kanwil Jateng juga menyediakan paket Ramadan dengan harga mulai dari Rp40.000, sampai dengan Rp147.000 per paket sesuai dengan pemesanan," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler