Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Optimalkan Asset, PTPN IX Kembangkan Kawasan Tambak Udang

PTPN IX bakal menyiapkan 200 hektar lahan tambak udant yang nantinya bakal berbatasan langsung dengan pantai utara Laut Jawa.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 29 April 2021  |  15:47 WIB
Tambak Udang.  - KKP
Tambak Udang. - KKP

Bisnis.com, Pemalang - PT. Perkebunan Nusantara IX menandatangani nota kesepahaman dengan Foss Group, Rabu (28/4/2021). Kerjasama tersebut dilakukan untuk mengembangkan kawasan tamak udang vannamei di afdeling Pesantren Unit Kebun Semugih, Kabupaten Pemalang.

Foss Group sendiri merupakah memiliki salah satu anak perusahaan yang bergerak di bidang Industri perikanan, budidaya udang, hasil olahan serta logistic export import. Perusahaan tersebut adalah PT. Foss Alam Nusantara.

PTPN IX menyiapkan kurang lebih 200 Hektar lahan di Afdeling Pesantren yang siap untuk dikembangkan menjadi tambak udang. Lokasi tersebut nantinya akan berbatasan langsung dengan pantai utara Laut Jawa. 

Direktur PT Perkebunan Nusantara IX - Tio Handoko menyampaikan kerjasama yang dilakukan merupakan bentuk pelaksanaan program  optimalisasi aset yang menjadi salah satu program Holding Perkebunan.

Dalam hal ini PTPN IX melakukan diversifikasi usaha dengan mitra untuk pemanfaatan aset yang memiliki potensi sumber daya untuk budidaya perikanan maupun potensi lainnya seperti raw material. Diharapkan dengan kerjasama ini dapat memberikan benefit bagi PTPN IX atas aset yang masih memiliki peluang usaha selain bisnis perkebunan.

Komisaris  PT Foss Alam Nusantara - Jenderal (Purn) Rusiadi menambahkan kerjasama yang dilaksanakan  akan melibatkan masyarakat sekitar afdeling pesantren khususnya para santri untuk diprioritaskan menjadi mitra dalam pengembangan budidaya udang.

Lebih lanjut, Rusiadi menyampaikan bahwa Kawasan akan dikembangkan menjadi kawasan industri perikanan yang terintegrasi mulai dari hulu hingga ke hilir mulai dari pengembangan budidaya, pemasaran dan dapat menjadi Centre of Excelence budidaya perikanan di Kabupaten Pemalang.

Penandatanganan MOU tersebut juga disaksikan oleh Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, yang menyambut baik sinergi diantara 2 perusahaan tersebut. Agung berharap agar kerjasama tersebut mampu memberikan peluang kerja baru bagi masyarakat kabupaten Pemalang  dan secara langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati juga berharap bahwa industri terpadu perikanan ini dapat terintegrasi menjadi pusat pendidikan khususnya di bidang industri perikanan dan membuka peluang pengembangan industri pendukung lainnya di Kabupaten Pemalang. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tambak udang ptpn v ptpn ix
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top