Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awann Sewu Boutique Hotel & Suite di Semarang Resmi Beroperasi

Kondisi pandemi Covid-19 tak menghalangi Awann Group untuk meresmikan hotel terbarunya di Kota Semarang.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 19 Mei 2021  |  17:37 WIB
Awann Sewu Boutique Hotel & Suite di Semarang Resmi Beroperasi
Aktivitas di lobby hotel Awann Sewu Boutique Hotel & Suite, Semarang. - Bisnis/ Muhammad Faisal Nur Ikhsan.
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG – Optimisme di sektor pariwisata Jawa Tengah sepertinya masih terjaga. Pasalnya, meskipun diterpa pandemi Covid-19, hotel-hotel baru tampak percaya diri untuk memulai usahanya di tahun ini. Salah satunya adalah Awann Sewu Boutique Hotel & Suite.

“Hingga hari ini di sektor pariwisata, Semarang ini [apabila] dilihat [dan] dibandingkan dengan kota wisata lainnya, Semarang jadi primadona,” jelas Albert Dwijaya, Presiden Direktur Awann Group dalam acara Grand Opening, Rabu (19/5/2021).

Albert tak ingin melihat pandemi Covid-19 sebagai halangan. Justru momen tersebut dapat menjadi peluang untuk meramu strategi bisnis baru. “Kalau kita tidak sigap mengubah strategi bisnis, mungkin saya akan mengikuti properti lain. Entah mandek atau berhenti, tapi kita tidak takut,” jelasnya.

Berlokasi di jantung Kota Semarang, Awann Sewu Boutique Hotel & Suite menyajikan konsep lifestyle kepada setiap tamunya. Tak berhenti di situ, sejumlah teknologi mutakhir pun digunakan untuk memaksimalkan kenyamanan dan keamanan tamu yang menginap.

Misalnya saja 2 charging station bagi kendaraan listrik yang disediakan. Tamu dapat membawa kendaraan listriknya tanpa harus bingung memikirkan lokasi pengisian baterai.

Awann Sewu Boutique Hotel & Suite juga memanfaatkan teknologi untuk menghemat penggunaan energi. Di setiap kamar, dipasang sejumlah sensor. Mulai dari sensor gerak, sensor suhu, hingga sensor pendeteksi berat. Dengan sensor tersebut, tamu yang menginap tak perlu lagi menekan tuas lampu atau pendingin ruangan. Semuanya sudah otomatis.

Tak hanya meningkatkan kenyamanan tamu, penggunaan sensor tersebut juga berdampak langsung pada lingkungan. Pasalnya, penggunaan energi di setiap kamar hotel jadi lebih efektif dan efisien. “Saving energi bisa 30 persen hanya untuk [efisiensi] AC,” jelas Albert.

Proses reservasi dan check-in kamar juga dilakukan secara paperless melalui perangkat smartphone tamu. Di masa pandemi, fasilitas ini juga sangat bermanfaat untuk meminimalisir kontak fisik.

Pada kesempatan tersebut, Albert juga berharap agar Awan Sewu Boutique & Hotel Suite dapat berkontribusi pada perkembangan sektor pariwisata di Kota Semarang. Pasalnya, lokasi hotel yang berdekatan dengan objek wisata Lawang Sewu diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di lokasi tersebut.

“Ini sebetulnya konsep-konsep kecil yang sederhana, tapi kalau kita niatin insyaallah bisa jadi sesuatu yang bermanfaat. Tak hanya bagi perhotelan, tapi juga bagi sektor pariwisata,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng perhotelan semarang
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top