Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Festival Joglosemar Tampilkan 45 UMKM Artisan Unggulan Jateng

Rangkaian acara Festival Joglosemar yang digelar di sejumlah tempat bertujuan untuk mempromosikan produk unggulan dari para pelaku UMKM yang telah lolos kurasi.
Farodlilah Muqoddam
Farodlilah Muqoddam - Bisnis.com 20 Mei 2021  |  14:17 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Hukum dan HAM Mahfud MD, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perhubungan Budi  Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimun, dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X membuka Festival Joglosemar. (Foto: Dokumen Pemprov Jateng)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Hukum dan HAM Mahfud MD, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimun, dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X membuka Festival Joglosemar. (Foto: Dokumen Pemprov Jateng)

Bisnis.com, MAGELANG — Sebanyak 45 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari Jawa Tengah mendapatkan kesempatan untuk berpameran dalam rangkaian acara Festival Joglosemar Artisan of Java yang digelar di beberapa daerah di Jawa Tengah. 

Puncak acara Festival Joglosemar digelar di Taman Lumbini, kawasan Candi Borobudur, Magelang. Acara tersebut dibuka secara virtual oleh Presiden Joko Widodo, dan dihadiri oleh sejumlah menteri. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Pribadi Santoso mengatakan bahwa rangkaian acara Festival Joglosemar yang digelar di sejumlah tempat bertujuan untuk mempromosikan produk unggulan dari para pelaku UMKM yang telah lolos kurasi. 

“Acara ini menjadi semacam ajang pembuktian bahwa setelah mendapatkan bimbingan itu kualitas produknya meningkat dan laku dijual,” ujarnya di sela-sela acara Festival Joglosemar di Magelang, Kamis (20/5/2021). 

Pribadi mengatakan bahwa sepanjang 2020, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (BI Jateng) bekerja sama dengan Dekranasda Jateng telah mengkurasi 1.377 UMKM dari total sekitar 4 juta UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Jateng. 

Para pelaku UMKM yang telah lolos tahap kurasi awal tersebut kemudian mendapatkan bimbingan teknis dari tim BI Jateng terkait dengan penguatan kualitas produk, packaging, pemasaran, hingga pengelolaan keuangan usaha. 

Menurut Pribadi, upaya meningkatkan kapasitas UMKM dan mempromosikan produknya kepada masyarakat melalui berbagai platform merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). 

Program yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada 14 Mei 2020 tersebut menargetkan 30 juta UMKM dapat masuk ke ekosistem digital hingga 2023. Para pelaku UMKM tersebut juga didorong untuk terus meningkatkan kapasitasnya sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas. 

“Di wilayah Jateng sendiri ada sekitar 4 juta UMKM. Kami akan terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk membantu UMKM naik kelas,” tambahnya. 

Acara puncak Festival Joglosemar yang digelar di Magelang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Hukum dan HAM Mahfud MD, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perhubungan Budi  Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. 

Turut hadir secara virtual Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki. 

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo juga turut hadir secara virtual dan berkesempatan berdiskusi dengan dua pelaku UMKM unggulan dari Jawa Tengah dan Yogyakarta yang telah mampu menembus pasar ekspor. 

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimun juga hadir untuk memberikan sambutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm bi jateng
Editor : Farodlilah Muqoddam

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top