Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rest Area Tol Solo-Jogja di Ngawen Klaten Bakal Terbelah Dua

Rest area di Manjungan, Klaten nanti akan terpotong [terbelah] jalan kabupaten.
Pembersihan lahan tol Jogja-Solo./JIBI-Abdul Hamid Razak)
Pembersihan lahan tol Jogja-Solo./JIBI-Abdul Hamid Razak)

Bisnis.com, KLATEN – Rest area Tol Solo-Jogja di kawasan Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah bakal terbelah jalan kabupaten. Keputusan ini diambil setelah diskusi panjang antara Pemkab Klaten dengan pihak pengembang proyek.

“Sebelum diputuskan rest area di Manjungan akan terbelah, sempat muncul beberapa opsi. Di antaranya, jalan dipindah, tetap lurus, dibuang, atau pun lewat jalur atas. Dari sekian banyak opsi, disepakati rest area dibelah,” kata Direktur Teknik PT JMM, Pristi Wahyono.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan rest area itu akan menjadi ikon baru Jl Solo-Jogja di Klaten. Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi (rakor) pemaparan final pekerjaan konstruksi jalan tol Solo-Jogja antara Pemkab Klaten dengan PT JogjaSolo Marga Makmur (JMM) selaku pengembang jalan tol Solo-Jogja di ruang B2 kompleks Setda Klaten, Kamis (2/9/2021).

“Dalam pembahasan tadi ada sedikit diskusi terkait rest area Majungan, Ngawen. Hasil dari diskusi disepakati, jalan kabupaten di rest area itu akan dipertahankan. Jadi, rest area di sana nanti akan terbelah. Ini justru akan menjadi ciri khas Klaten. Jadi inovasi dari pengembang juga,” kata Sri Mulyani saat ditemui JIBI.

Sebelum diputuskan untuk dibelah jalan, pihak Pemkab Klaten telah berdiskusi dengan pengembang Tol Solo-Jogja. Setelah melalui diskusi panjang, akhirnya kedua belah pihak sepakat rest area tersebut dipertahankan dengan inovasi dari pihak pengembang.

“Ya, rest area di Manjungan, Klaten nanti akan terpotong [terbelah] jalan kabupaten. Prinsipnya memang bisa dilakukan. Tapi kami perlu konsultasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol [BPJT] juga. Nantinya, rest area yang terbelah itu akan menjadi ikon jalan Solo-Jogja di Klaten,” kata Direktur Teknik PT JMM, Pristi Wahyono, Kamis (2/9/2021).

Rest area di Manjungan memiliki luas delapan hektare. Selain rest area Manjungan (Ngawen), jalan tol Solo-Jogja di Klaten akan dilengkapi exit tol. Masing-masing di Kuncen (Ceper), Ngawen, dan Prambanan.

Pembangunan jalan tol Solo-Jogja wilayah Klaten memakan 4.071 bidang atau 3.728.114 meter persegi lahan yang tersebar di 50 desa, 11 kecamatan. Sebelas kecamatan itu yakni Polanharjo, Delanggu, Ceper, Karanganom, Ngawen, Karangnongko, Klaten Utara, Kebonarum, Jogonalan, Manisrenggo, dan Prambanan.

“Di Klaten ini kan 28 kilometer sendiri. Kontribusinya luar biasa [untuk jalan tol Solo-Jogja],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ponco Suseno
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper