Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fenomena Munculnya Ribuan Ikan Teri di Pantai Selatan DIY

Kehadiran ikan teri membantu warga setempat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tak hanya dikonsumsi, ikan teri juga dapat dijual, sehingga warga bisa mendapatkan pemasukan tambahan di tengah penerapan PPKM.
Pantai Glagah di Kabupaten Kulon Progo./tripadvisor
Pantai Glagah di Kabupaten Kulon Progo./tripadvisor

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Ikan juwi atau yang juga dikenal dengan nama ikan teri bermunculan di pesisir selatan wilayah Bantul dan Kulonprogo.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, mengatakan di wilayah Pantai Selatan Kulonprogo sendiri ikan juwi bermunculan di dua titik, yakni di Pantai Trisik dan Pantai Glagah.

"Ikan juwi seringkali muncul sekitar sore menjelang malam. Di masa PPKM ini, kehadiran ikan juwi cukup membantu warga agar dapur tetap mengepul," ujar Aris.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Catur Nur Amin, lalu menjelaskan bahwa fenomena tersebut memang kerap terjadi pada saat musim pancaroba.

Selain faktor cuaca, terdapat tiga kemungkinan fenomena kemunculan ikan juwi. Pertama, perubahan suhu air laut yang terjadi mengakibatkan ikan juwi mencari suhu yang lebih hangat yakni ke daratan.

Kedua, yakni saat gerombolan juwi atau ikan teri ini berpindah dari satu tempat ke tempat lain karena dikejar oleh predator misalnya ikan layur. Hal itu membuat gerombolan terpecah dan sebagi menuju ke pantai.

"Kemungkinan ketiga adalah ikan juwi terkena hempasan gelombang tinggi sehingga sebagian ikan juwi menuju ke daratan imbas tersapu gelombang tinggi. Kebetulan ombak di pantai selatan itu kan tinggi," ujar Catur.

Hal sama juga diakui oleh Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Parangtritis Ali Sutanto. Pihaknya mengatakan bahwa fenomena ini adalah fenomena tahunan.

Namun, jika sebelumnya fenomena itu terlihat di Pantai Parangtritis, kali ini lokasi berpindah ke seputaran Pantai Depok.

"Kemarin pas Paris [Pantai Parangtritis] itu bisa berlangsung seminggu lebih, banyak itu yang menjaring di pinggiran," kata Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : JIBI/Harianjogja.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper