Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembukaan Dieng Culture Festival, Ganjar: Saya Mau Datang

Tinggi peminat, DCF kembali digelar secara hybrid dengan menggabungkan konsep acara daring dan luring.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 01 November 2021  |  13:33 WIB
Pembukaan Dieng Culture Festival, Ganjar: Saya Mau Datang
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. - Istimewa

Bisnis.com, BANJARNEGARA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka acara Dieng Culture Festival (DCF) 2021 pada Senin (1/11/2021). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut membuka DCF dari jarak jauh menggunakan sambungan internet.

“Terus terang, saya pingin banget datang hari ini. Mudah-mudahan ada waktu nanti yang saya bisa ikut menikmati dari sekian hari yang mungkin saya bisa melihat ke sana,” ucap Ganjar dalam sambutannya.

Menurut Ganjar, kerinduan tersebut juga dialami banyak wisatawan baik dari dalam ataupun luar negeri. Pasalnya, sejak tahun 2020, DCF dilaksanakan secara virtual akibat pandemic Covid-19 yang melanda Tanah Air.

Untuk itu, di tengah pelonggaran kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa Tengah, Ganjar mengusulkan kepada panitia DCF 2021 untuk menggelar acara secara hybrid. Harapannya, penyelenggaraan DCF pada tahun ini bisa dijadikan pembelajaran dan bekal pengalaman bagi panitia di tahun-tahun mendatang.

“Kalau kemudian kita bisa me-manage itu, siapa tahu pengelolaan pariwisatanya bisa lebih baik dan masyarakat kita edukasi agar mereka semua bisa hati-hati dan jaga prokes,” jelasnya.

Penyelenggaraan DCF secara hybrid juga dilakukan guna menekan risiko penyebaran Covid-19 dari kerumunan wisatawan yang datang. Secara khusus, Ganjar mengimbau penyelenggara acara untuk dapat menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan jumlah peserta acara dengan ketat.

Selain itu, Ganjar juga berharap agar gelara DCF 2021 dapat memberikan efek positif bagi pariwisata dan perekonomian masyarakat di Kawasan Dieng. “Mudah-mudahan ini bisa lancar, ekonomi bisa menggelinding, masyarakat bisa tersenyum bahagia untuk bisa menghadiri acara Dieng Culture Festival. Buat semua, jalankan pelaksanaannya dengan Prokes. Awas ya, sampahnya jangan dibuang sembarangan,” imbaunya.

Gelaran DCF 2021 dilaksanakan secara hybrid melalui siaran daring serta pertunjukan luring. Rangkaian acara tersebut berlangsung pada 1-3 November 2021. Bagi wisatawan yang belum bisa hadir, seluruh rangkaian acara akan disiarkan melalui kanal Youtube.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng dieng
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top