Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PPKM Level 3 Batal, Ini Skenario Pemkot Jogja Hadapi Nataru

Pemkot Jogja bakal menguatkan skema pengawasan kepada para wisatawan guna menghindari lonjakan kasus Covid-19.
Yosef Leon
Yosef Leon - Bisnis.com 08 Desember 2021  |  12:15 WIB
Pengendara melintas di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Jumat (10/6/2021). - Antara/Hendra Nurdiyansyah
Pengendara melintas di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Jumat (10/6/2021). - Antara/Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, SOLO - Pemerintah Kota Jogja menyebut pembatalan pemberlakuan PPKM level 3 di masa Natal dan Tahun Baru bisa menjadi momentum kebangkitan sektor wisata dan ekonomi. Namun, mesti ada penguatan skema pengawasan kepada para wisatawan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan bahwa pembatalan PPKM level 3 menjadi hal yang menggembirakan bagi masyarakat umum.

Dalam hal ini, pemerintah memberikan keleluasaan dengan tetap memperhatikan pengendalian. Bersamaan dengan itu, pihaknya pun menunggu aturan resmi terbaru untuk segera ditinjau dan diterapkan di wilayah setempat.

"Kita juga tentunya akan perkuat edukasi ke masyarakat soal syarat dua kali vaksin. Ini juga tentunya akan disambut baik oleh masyarakat dan mobilitas kan juga tidak terlalu tinggi," kata Heroe, Selasa (7/12/2021), dikutip dari Harianjogja.com.

Menurut dia, Pemkot Jogja bakal tetap memberlakukan skema yang sebelumnya telah dibahas untuk pengendalian Covid-19 di masa Natal dan Tahun Baru nanti.

Sementara itu, untuk teknis pengaturan akan mengacu pada aturan pemerintah pusat yakni mengenai kapasitas maksimal, syarat perjalanan maupun yang lainnya.

"One gate system akan jadi cara awal kita dalam menyaring wisatawan, kemudian pengawasan swab secara acak lalu peningkatan kerja sama dengan pihak hotel. Ini yang akan kita kuatkan karena kemungkinan besar orang datang ke Jogja itu bawa kendaraan pribadi jadi yang tidak terskrining di Giwangan itu bisa diawasi di hotel," katanya.

Heroe menambahkan, kondisi pandemi Covid-19 di wilayah setempat selama tiga bulan terakhir juga cukup terkendali. Di sisi lain, pelaksanaan vaksinasi massal juga berjalan optimal.

Poin-poin itu juga dijadikan oleh pemerintah pusat sebagai acuan dalam membatalkan penerapan PPKM level 3 di semua wilayah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jogjakarta Natal dan Tahun Baru PPKM Level 3

Sumber : JIBI/Harianjogja.com

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top