Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan Rel Layang di Solo Mulai Dikerjakan, Anggarannya Capai Rp980 Miliar

Megaproyek jalur ganda kereta api Solo Balapan-Kalioso dan elevated rail atau rel layang Joglo Solo resmi dimulai, Sabtu (8/1/2022) pagi.
Ika Yuniati
Ika Yuniati - Bisnis.com 08 Januari 2022  |  17:08 WIB
maket rel layang di kawasan Joglo, Solo - Solopos.
maket rel layang di kawasan Joglo, Solo - Solopos.

Bisnis.com, SOLO - Megaproyek jalur ganda kereta api Solo Balapan-Kalioso dan elevated rail atau rel layang Joglo Solo resmi dimulai, Sabtu (8/1/2022) pagi.

Anggaran yang digunakan untuk pembangunan proyek tersebut diketahui sebesar Rp980 miliar.

Pembangunan ditandai dengan groundbreaking yang dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan sejumlah pihak terkait.

Budi Karya dalam sambutannya mengharapkan pembangunan tersebut mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah aglomerasi Soloraya hingga Madiun.

Ia mengatakan selama ini kereta bandara digadang-gadang menjadi unggulan dalam menghubungkan aglomerasi Solo, Klaten, Karanganyar, dan Madiun.

Namun, kereta yang baru beroperasi dari Klaten menuju Bandara Adi Sumarmo dengan headway setengah jam tersebut menimbulkan kemacetan. Khususnya di simpang Joglo yang menjadi pertemuan kendaraan dari berbagai arah.

Terlebih, kawasan tersebut juga menjadi titik pertemuan kendaraan dari Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta yang ingin masuk ke wilayah Solo tanpa melalui jalur tol.

Survei yang mereka lakukan bersama tim Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyimpulkan harus ada rekayasa konstruksi untuk mengurai kemacetan di simpang tujuh Joglo, Kadipiro, tersebut.

“Maka timbulah ide elevated arch composite bridge [rel layang]. Dia menyelesaikan masalah lalu lintas baik itu headway kereta api, juga menyelesaikan masalah pergerakan jalur darat. Ini menghubungkan Surabaya, ke Jogja, trus ke Jakarta. Orang-orang ke Solo tanpa tol lewat titik ini semua,” terangnya.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rel layang
Sumber : Solopos.com
Editor : Setyo Puji Santoso

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top