Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Miyono, Paman Jokowi yang Dikenal sebagai Mentor Keluarga

Paman Presiden Joko Widodo, Miyono Suryosardjono meninggal dunia. Sosoknya yang penyabar dan penuh perhatian membuat keluarga merasa sangat kehilangan.
Presiden Jokowi saat takziah di rumah pamannya/ Solopos
Presiden Jokowi saat takziah di rumah pamannya/ Solopos

Bisnis.com, SOLO — Keluarga besar Presiden Jokowi (Joko Widodo) sedang berduka mendalam atas kepergian mendiang Miyono Suryosardjono, 82, Minggu (27/2/2022) malam.

Sosok paman yang disebut-sebut sebagai mentor sekaligus pendukung karier politik Jokowi ini dikenal sebagai pekerja keras hingga menjadi pengusaha sukses.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, saat diwawancarai wartawan, Senin (28/2/2022), mengatakan mendiang kakeknya merupakan pribadi yang baik. Sosoknya dikenal sebagai pekerja keras dan pengusaha sukses.

Produktivitasnya tak perlu diragukan lagi. Putra sulung Presiden Jokowi ini mengatakan Miyono bahkan masih ngantor di pabrik meski sudah sepuh. Kesuksesan itu yang membuat Gibran menjuluki Miyono sebagai mentor untuk semua.

“Orangnya baik, pengusaha sukses. Mentor untuk semuanya. Ya yang mengajari Bapak kan kakung ini. Yang perlu diteladani yakni kerja kerasnya, beliau produktif. Sampai tua tiap hari masih ngantor di pabrik, itu luar biasa sekali,” kata Gibran.

Adik kandung Presiden Jokowi, Titik Ritawati, menambahkan bahwa mendiang pakdhenya, Miyono, merupakan pribadi yang sabar dan penyayang keluarga. Apalagi setelah ayah Titik meninggal dunia, ia dan saudaranya sering sowan dan minta wejangan dari mendiang Miyono.

Miyono selalu memberikan dukungan kepada para keponakannya. Termasuk restu kepada Jokowi untuk terjun ke dunia politik. Dukungan tersebut dimulai dari saat mendaftar jadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI, hingga presiden dua periode.

“Pakde selalu mendukung apa pun yang bagus [untuk Jokowi], apa pun yang baik akan didukung dan didoakan,” terangnya lagi. Titik juga melihat pakdenya sebagai sosok penyabar.

Miyono dan mendiang ibu Presiden Jokowi, Sudjiatmi, selalu memberikan contoh kerukunan antarkeluarga. Ia bahkan jarang melihat konflik antarsaudara kandung tersebut.

“Iya, penyabar, bijaksana, sama keponakan selalu perhatian. Sejak dulu keluarga Pakde dan Ibu selalu rukun, guyub, tolong menolong,” terang Titik.

Kendati mendukung Jokowi, Titik mengatakan Miyono tak pernah terjun langsung sebagai politikus. Semasa hidup, sang paman konsen pada bisnis furnitur bernama Roda Jati. Sejak muda aktif mengembangkan perusahaannya.

Miyono juga pernah bergabung dalam organisasi pengusaha seperti Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo. Namun, kata Titik, pakdenya hanya menjadi tim pendukung, bukan pengurus aktif.

“Pas masih muda ya aktif di perusahaan saja. Organisasi Kadin juga aktif, selalu mendukung programnya. Tapi bukan sebagai ketua. Semasa hidup, ya jadi pengusaha, tidak ada yang politik, dari bapak, ibuk, pakdhe, semua pengusaha kayu,” terang Titik.

Seperti diberitakans sebelumnya, pakde Presiden Jokowi, Miyono Suryosardjono, meninggal dunia pada Minggu (27/2/2022) malam setelah menderita sakit selama beberapa waktu. Jokowi hadir pada upacara pemakaman yang berlangsung Senin (28/2/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ika Yuniati
Sumber : Solopos.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper