Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prodi Manajemen Jadi Favorit Peserta SNMPTN di Unnes

Ada 3.403 orang peserta SNMPTN yang mendaftar program studi manajemen di Unnes. Dari jumlah tersebut, hanya 126 orang peserta yang bisa ditampung.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 02 Maret 2022  |  11:05 WIB
Prodi Manajemen Jadi Favorit Peserta SNMPTN di Unnes
Ilustrasi:Universitas Negeri Semarang (Unnes). - unnes.ac.id
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG – Jumlah peminat yang mendaftar ke Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) terus meningkat. Pada tahun ini, tercatat ada 42.325 calon mahasiswa yang mendaftar ke kampus negeri tersebut.

Sebelumnya, pada 2021 lalu, jumlah pendaftar melalui jalur SNMPTN tercatat di kisaran 40.000 peserta. Fathur Rokhman, Rektor Unnes, menyebut pertumbuhan 2.000  orang pendaftar tersebut merupakan bukti kepercayaan masyarakat terhadap kampus tersebut.

“Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat terus meningkat. Insya allah kepercayaan tersebut akan kami terima sebagai amanah dengan memberikan pelayanan akademik yang prima kepada mahasiswa,” jelas Fathur, dikutip Rabu (2/3/2022). 

Dalam keterangan tertulisnya, Fathur menjelaskan bahwa Unnes bakal terus meningkatkan kualitas pelayanan serta kualitas pendidikan. Hal tersebut dilakukan dengan meningkatkan jumlah program studi terakreditasi A serta mengembangkan sistem informasi akademik berbasis digital.

Muhammad Burhanudin, Kepala UPT Humas Unnes, menyampaikan bahwa dari 42.325 peminat jalur SNMPTN ada 10 program studi unggulan yang paling diminati. Program studi Manajemen menjadi yang paling diminati dengan jumlah pendaftar SNMPTN mencapai 3.403 orang peserta.

Selain Manajemen, program studi terfavorit lainnya antara lain Ilmu Hukum, Kesehatan Masyarakat, Psikologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Akuntansi, Teknik Informatika, Gizi, Farmasi, serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sementara itu, dilihat dari tingkat persaingannya, Farmasi menjadi program studi dengan persaingan ketat. Berdasarkan catatan Unnes, tingkat keketatannya mencapai 1:46 dengan 1.204 pendaftar dan 26 daya tampung. Program studi Sistem Informasi juga memiliki persaingan yang cukup ketat. Dari 595 orang pendaftar, daya tampung yang tersedia hanya 15 kursi sehingga tingkat keketatannya mencapai 1:40.

Jalur SNMPTN sendiri telah ditutup secara resmi pada pekan lalu (28/2/2022). Calon mahasiswa yang belum sempat mengikuti jalur seleksi tersebut bisa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) yang pendaftarannya dibuka pada 25 Maret hingga 15 April nanti.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN sendiri bakal digelar dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022 sementara gelombang kedua digelar pada 28 Mei-3 Juni 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng SNMPTN

Sumber : Siaran Pers

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top