Hujan Es Terjadi di Magelang, Ini Penjelasan BMKG

Sebuah video yang memperlihatkan fenomena hujan es melanda pemukiman penduduk di Magelang, Jawa Tengah viral di media sosial.
Ilustrasi/Antara-Muhammad Arif Pribadi
Ilustrasi/Antara-Muhammad Arif Pribadi

Bisnis.com, SOLO - Sebuah video yang memperlihatkan hujan es terjadi di wilayah Magelang, Jawa Tengah beredar di media sosial.

Salah satu akun Twitter yang mengunggah video tersebut adalah @merapi_uncover pada Senin (28/3/2022).

Dalam video itu terlihat hujan deras disertai angin kencang melanda di pemukiman penduduk. Beberapa bongkahan es dengan ukuran kecil-kecil berwarna putih terlihat di atas meja kayu.

"Magelang badai + hujan es," tulis akun tersebut.

Penjelasan BMKG

Sementara itu dikutip dari laman bmkg.go.id, fenomena hujan es merupakan yang biasa terjadi saat musim pancaroba.

Dalam keterangannya, disebutkan fenomena hujan es dapat terjadi karena dipicu oleh adanya pola konvektifitas di atmosfer dalam skala lokal-regional yang signifikan.

Hujan es dapat terbentuk dari sistem awan konvektif jenis Cumulonimbus (Cb) yang umumnya memiliki dimensi menjulang tinggi yang menandakan bahwa adanya kondisi labilitas udara signifikan dalam sistem awan tersebut sehingga dapat membentuk butiran es di awan dengan ukuran yang cukup besar.

"Besarnya dimensi butiran es dan kuatnya aliran udara turun dalam sistem awan CB atau yang dikenal dengan istilah downdraft dapat menyebabkan butiran es dengan ukuran yang cukup besar yang terbentuk dipuncak awan Cb tersebut turun ke dasar awan hingga keluar dari awan dan menjadi fenomena hujan es,' tulisnya.

Menurut BMKG, kecepatan downdraft dari awan Cb yang signifikan dapat mengakibatkan butiran es yang keluar dari awan tidak mencair secara cepat di udara, dan bahkan ketika sampai jatuh ke permukaan bumi pun masih dalam berbentuk butiran es yang dikenal dengan fenomena hujan es.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper