Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Langkah Gubernur DIY Tangani Maraknya Klitih di Yogyakarta

Gubernur DIY Sri Sultan HB X baru saja menerbitkan surat edaran untuk mengatasi klitih atau kejahatan jalanan. Berikut isinya.
Sunartono
Sunartono - Bisnis.com 09 April 2022  |  10:44 WIB
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Jumat (9/10/2020). - Ist -  Dok Humas Pemda DIY.
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Jumat (9/10/2020). - Ist - Dok Humas Pemda DIY.

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Sebagai respons atas maraknya aksi klitih yang sampai menelan korban jiwa, Gubernur DIY Sri Sultan HB X menerbitkan surat edaran (SE) untuk mengatasi kejahatan jalanan tersebut.

Surat bernomor 050/5082 tentang Pencegahan dan Penanganan Kejahatan Jalanan itu diketahui ditandatangani Sultan HB X pada Kamis (7/4/2022).

Dalam surat tersebut Sultan meminta kepada bupati dan wali kota untuk melakukan lima langkah penanganan.

Langkah pertama adalah melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua LPMK, kampung, RW, RT, PKK, karang taruna, dan lain-lain untuk menyosialisasikan kepada warga tentang pentingnya setiap keluarga untuk mengetahui keberadaan anggota keluarganya.

Kedua, menginisiasi aktivitas-aktivitas yang positif dan bermanfaat bagi remaja. Kemudian ketiga, menggiatkan patroli lingkungan dengan melibatkan potensi linmas dan Jagawarga pada lingkungan masing-masing.

Adapun poin keempat adalah bekerja sama dengan TNI/Polri untuk memantau pergerakan kumpulan massa yang masih beraktivitas hingga lewat tengah malam.

Sementara yang kelima, menganggarkan aktivitas pencegahan dan penanganan kejahatan jalanan dalam APBD masing-masing kabupaten dan kota di DIY.

Lepas dari itu, belum lama ini aksi klitih kembali menewaskan seseorang. Ia adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Daffa Adzin Albasith. Korban dihantam gir hingga tak sadarkan diri, lalu meninggal beberapa jam setelah kejadian.

Peristiwa ini tak pelak kembali membuat geger warga Jogja. Tagar klitih pun menjadi trending topic selama beberapa hari di media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

yogyakarta sri sultan hamengkubuwono kejahatan jalanan

Sumber : JIBI/Harianjogja.com

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top