Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

One Way dan Lima Jalur Alternatif Sambut Pemudik di Jateng

Untuk di Kota Semarang, titik yang akan terjadi perlambatan arus bisa terjadi di exit tol Krapayak.
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang./wtr.co.id
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang./wtr.co.id

Bisnis.com, SEMARANG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah akan menerapkan one way dan menyiapkan lima jalur alternatif untuk menyambut mudik Lebaran 2022.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, menuturkan menyambut mudik Lebaran tahun ini, Polda Jawa tengah akan mengelar Operasi Ketupat 2022. Salah satu langkah antisipasi mudik tahun, Dirlantas Polda Jateng menjelaskan Polda Jateng akan tetap mengacu pada Surat Keputsan Bersama (SKB) bersama dirjen perhubungan darat dan dirjen Bina Marga yang akan menerapkan Skema satu arah (one way).

"Sebenarnya mendasari prediksi tentang, euforia mudik sudah ada surat keputusan bersama baik untuk diberlakukan cara bertindak one way," jelasnya, Kamis (21/4/2022).

Dia menyampaikan pemberlakuan skema one way akan dilakukan mulai tanggal 28 April, pukul 17.00 WIB. Ia menjelaskan untuk di Kota Semarang akan memberlakukan di tol Kalikangkung.

Pihaknya juga sudah menyiapkan antisipasi arus mudik ataupun arus balik. "Nanti dari kilometer 47 sampai kilometer 414 kalikangkung Kota Semarang itu akan diberlakukan jalur satu arah menuju jawa timur itu sudah ada surat keputusannya. Dilaksanakan pada tanggal 28 April pukul 17.00 WIB," jelasnya.

Polda Jateng juga sudah melakukan beberapa titik antisipasi perlambatan arus bila dilaksanakan skema one way.

Agus menjelaskan titik perlambatan jalur akan terjadi di Exit tol Brebes yang dinilai volume kendaraan yang masuk cukup besar.

"Ketika nanti diberlakukan one way yang perlu di antisipasi adalah exit tolnya contohnya exit tol Brebes nanti yang mengarah ke Banjarnegara, Banyumas, Cilacap ini volumenya akan banyak sehingga kemungkinan akan terjadi perlambatan arus ini sudah kita antisipasi," katanya.

Lebih lanjut, Dirlantas menyampaikan untuk di Kota Semarang, titik yang akan terjadi perlambatan arus bisa terjadi di exit tol Krapayak.

"Terus exit tol Krapyak Semarang karena one way di buka dari Jakarta keluar pintu Kalikangkung itu juga kita perlu lakukan antisipasi kaitannya dengan penghambatan arus termasuk juga pintu tol Bawen dan seterusnya kita juga antisipasi," tuturnya.

Selain memberlakukan skema satu arah, Polda Jawa Tengah juga sudah menyiapkan beberapa jalur yang bisa dinikmati oleh para pemudik yang akan menuju di Jawa Tengah ataupun kembali ke kota asalnya.

"Namun demikian Polda Jawa Tengah menyiapkan lima jalur untuk pemudik pertama jalur tol, jalur pantura, jalur tengah, jalur selatan, yang biasa di sebut pansela (Pantura selatan) ini sudah bagus," katanya. (K28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper