Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Jawa Bagian Tengah Siapkan 5 Skenario Pengisian BBM di Jalur Mudik

Tol Trans Jawa menjadi salah satu jalur mudik utama yang menjadi fokus perhatian Pertamina dalam mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM di jalur tersebut. 
Truk tangki mobile storage di Pertamina Jawa Bagian Tengah. /Dok. Pertamina
Truk tangki mobile storage di Pertamina Jawa Bagian Tengah. /Dok. Pertamina

Bisnis.com, SEMARANG — Memasuki masa arus mudik lebaran Idulfitri 1443 H, Pertamina memastikan seluruh fasilitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) telah siap beroperasi dan melayani kebutuhan bagi konsumen dan masyarakat di setiap jalur mudik, khususnya di wilayah provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, mengatakan bahwa Pertamina telah membagi 5 skenario layanan pengisian BBM berdasarkan jalur mudik yang bisa ditempuh. 

“Di antaranya jalur Tol Trans Jawa, jalur Pantai Utara (Pantura), jalur Tengah, jalur Selatan, dan jalur Pantai Selatan (Pansela) atau jalur Daendels,” kata Brasto, Selasa (26/4/2022). 

Menurut Brasto, jalur Tol Trans Jawa menjadi salah satu jalur mudik utama yang menjadi fokus perhatian Pertamina dalam mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM di jalur tersebut. 

Di wilayah operasi Pertamina Jawa Bagian Tengah, terdapat 7 SPBU reguler di antara KM 252 hingga KM 519. Sebanyak 3 SPBU di Ruas Tol A Jakarta menuju Surabaya, yaitu di KM 379, KM 429, dan KM 519. Sementara 4 SPBU lainnya di Ruas Tol B Surabaya menuju Jakarta, yaitu di KM 519, KM 389, KM 360, dan KM 260. 

Selain itu, untuk rest area yang tidak tersedia SPBU, Pertamina juga menghadirkan 16 titik layanan pengisian BBM tambahan berupa Pertashop dan SPBU Modular, yang khusus beroperasi sejak 20 April hingga 11 Mei 2022. 

“10 di antaranya di Ruas Tol A, yaitu di KM 252, KM 275, KM 287, KM 338, KM 379, KM 391, KM 456, KM 487, KM 519, dan  KM 538. Sementara 6 titik lainnya di Ruas Tol B, tepatnya di KM 538, KM 519, KM 487, KM 456, KM 294, dan KM 282,” terangnya. 

Brasto menambahkan, Pertamina juga menyiagakan Motoris Pertamina jika suatu waktu dibutuhkan untuk melayani pengisian BBM apabila terjadi antrean, khususnya di SPBU Rest Area KM 429A, KM 260B, dan KM 360B.  

“Apabila dibutuhkan, Motoris Pertamina yang sehari-hari bertugas dalam layanan Pertamina Delivery Service (PDS) juga akan kami kerahkan untuk memecah antrian pada saat pengisian BBM,” ujar Brasto. 

Untuk mengantisipasi apabila terdapat konsumen yang mengalami kehabisan BBM di tengah jalan tol, Pertamina telah menyiapkan Mobil Siaga, yaitu mobil yang membawa BBM dalam bentuk kemasan. 

Ada 3 Mobil Siaga yang disiapkan di 3 titik, yaitu di SPBU Exit Tol Tegal, SPBU Exit Weleri, dan SPBU Rest Area KM 519B. Layanan Mobil Siaga dapat diakses dengan menghubungi Pertamina Call Center di nomor 135. 

Pertamina juga telah menyiapkan stok tambahan dalam mobil tangki yang terisi penuh dan ditempatkan di beberapa titik SPBU yang disebut dengan SPBU Kantong. Hal itu untuk mengantisipasi adanya lonjakan kebutuhan di SPBU. 

“Khusus di jalur Tol Trans Jawa kami menempatkan 7 SPBU Kantong di antaranya di SPBU Rest Area KM 379A, KM 429A, KM 519A, KM 260B, KM 360B, KM 389B, dan KM 519B.  

Selain fasilitas pengisian BBM, Pertamina juga menghadirkan layanan tambahan berupa posko kesehatan di beberapa titik tertentu di jalur mudik. Posko tersebut dinamakan Rumah Pertamina Siaga. 

Posko kesehatan tersedia di 4 titik Tol Trans Jawa, di antaranya SPBU Rest Area KM 379A, KM 519A, KM 260B, dan KM 519B. Posko tersebut dapat dimanfaatkan oleh konsumen untuk beristirahat apabila merasa kelelahan selama perjalanan mudik. 

Disamping jalur Tol Trans Jawa, Pertamina juga menyiagakan sejumlah layanan dan fasilitas pengisian BBM di jalur mudik reguler atau non-tol. 

“Fasilitas dan layanan yang telah kami siapkan di setiap jalur mudik reguler di antaranya SPBU, Motoris, SPBU Kantong, hingga Rumah Pertamina Siaga,” katanya. 

Jalur Pantura yang melintasi sejumlah kota kabupaten mulai dari Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Rembang, dan seterusnya tersedia 122 titik SPBU, di mana 6 di antaranya tersedia Motoris Pertamina, dan 9 di antaranya tersedia SPBU Kantong. Rumah Pertamina Siaga juga tersedia di jalur mudik Pantura yakni di SPBU Masjid Al-Fairuz, Pekalongan. 

Jalur Tengah yang melintasi sejumlah kota kabupaten mulai dari Brebes, Tegal, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Sleman, Klaten, Yogyakarta, Boyolali, dan seterusnya tersedia 96 titik SPBU, di mana 11 di antaranya tersedia Motoris Pertamina, dan 12 di antaranya tersedia SPBU Kantong. Rumah Pertamina Siaga juga tersedia di jalur mudik Tengah yakni di SPBU 4453101 Ajibarang, Banyumas. 

Jalur Selatan yang melintasi sejumlah kota kabupaten mulai dari Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purworejo, Kulon Progo, Bantul, Gunung Kidul, dan seterusnya tersedia 60 titik SPBU, di mana 6 di antaranya tersedia Motoris Pertamina, dan 7 di antaranya tersedia SPBU Kantong. 

Di jalur Pansela yang melintasi sepanjang jalan Daendels tersedia 16 titik SPBU, di mana 3 di antaranya tersedia Motoris Pertamina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper