Pengunjung Pantai Gunungkidul Membeludak, Ini Rekayasa Lalin yang Disiapkan

Melihat padatnya jalanan menuju pantai di Gunungkidul, DIY, Kasatlantas Polres Gunungkidul pun menerapkan skema khusus untuk arus kendaraan menuju kawasan wisata Pantai.
Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi snorkeling di kawasan pesisir selatan Yogyakarta. /jamelatour.co.id
Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi snorkeling di kawasan pesisir selatan Yogyakarta. /jamelatour.co.id

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Wisatawan yang mengarah ke kawasan pantai Gunungkidul, DIY pada liburan Lebaran kali ini terus membeludak.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Griyavinto Sakti mengaku sudah menerapkan skema khusus untuk arus kendaraan menuju kawasan wisata Pantai.

Selain mengawasi dan terus memantau perkembangan di sejumlah perempatan, pihaknya juga menyiapkan sejumlah skenario rekayasa arus lalu lintas.

Untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan besar atau bus, akan diarahkan masuk melalui Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Setelah sampai di Simpang Tiga Gading pelancong bakal diarahkan ke Playen menuju Paliyan dan masuk ke JJLS hingga ke Pantai.

Adapun wisatawan yang masuk melalui sisi utara, seperti Sukoharjo, Klaten, dan Wonogiri, rekayasa dilakukan mulai dari simpang tiga Mulo, Wonosari. Untuk kendaraan besar atau bus diarahkan masuk pantai melalui Pos Utama di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron.

“Di simpang tiga Mulo, khusus bus besar dilarang belok kiri [menuju Tepus] melainkan wajib lurus ke selatan,” kata Martinus.

Menurut dia, untuk kendaraan kecil sangat situasional dan penerapan rekayasa baru dilaksanakan apabila terjadi kepadatan yang menyebabkan macet.

“Kalau memang sangat padat, maka bisa diterapkan jalur satu arah. Semua kendaraan yang akan masuk pantai, maka akan dilewatkan di Pos TPR Baron,” katanya.

-----

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul "Pengunjung Pantai Gunungkidul Membeludak, Begini Rekayasa Lalin yang Disiapkan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : David Kurniawan
Sumber : JIBI/Harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper