Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banjir Rob Terjang Semarang, Ketinggian Air Mencapai Leher Orang Dewasa

Banjir rob dengan ketinggian air mencapai 2 meter menerjang kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Senin (23/5/2022).
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 24 Mei 2022  |  08:29 WIB
Sejumlah kendaraan roda dua terendam banjir rob yang melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin, 23 Mei 2022 - ANTARA FOTO/Aji Styawan
Sejumlah kendaraan roda dua terendam banjir rob yang melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin, 23 Mei 2022 - ANTARA FOTO/Aji Styawan

Bisnis.com, SOLO - Banjir rob melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah pada Senin (23/5/2022).

Banjir tersebut diakibatkan karena naiknya ketinggian air laut hingga menyebabkan jebolnya tanggul di area tersebut.

Terjangan air pun mengakibatkan sejumlah kendaraan yang ada di pelabuhan Tanjung Emas Semarang terendam.

Bahkan, ketinggian air mencapai leher orang dewasa. Dari laporan BMKG, air rob pun semakin tinggi hingga sekitar dua meter.

Sebuah akun Twitter bernama @AdiyatJatiW mengunggah foto keadaan banjir Semarang yang merendam sejumlah kendaraan pekerja.

Akun @gustihasta juga mengunggah foto keadaan sebuah pabrik yang terendam banjir rob.

"Kiriman kabar dari mbak yg kerja di salah satu pabrik di sana. Shift siang jam 1, jam 2 pulang krn banjir masuk sampai dalam pabrik," tulisnya pada Senin.

Di sisi lain, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan bahwa tingginya air laut ini membuat jebolnya tanggul di Kawasan Industri Pelabuhan Tanjung Emas atau tepatnya di PT Lamicitra Semarang.

“Menurut informasi dari teman-teman PU (Pekeja Umum), ada salah satu pintu tanggul di daerah PT Lamicitra yang jebol. Faktor cuaca itu paling dominan karena ini pasang sangat tinggi,” ujar Hendi, dikutip dari Solopos.

Tingginya air laut, kata dia, kerap terjadi di wilayah tersebut. Hingga sekarang, sebanyak 6 rukun warga (RW) telah melapor terkena banjir rob dan meminta bantuan.

“Ada RW 1, 12, 13, 14, 15, 16 di Kelurahan Tanjung Mas tepatnya di Tambakrejo. Nah penyebab utamanya pasti karena pasang rob yang tinggi, terus yang kedua kita sempat melihat kawasan Pelabuhan Tanjung Emas juga terendam [air] sekitar 1,5 meter,” jelasnya.

Hendi pun mengaku akan segera menggelar koordinasi dengan instansi terkait untuk menangani bencana banjir rob dan warga yang terdampak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir semarang pelabuhan tanjung emas banjir rob
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top