Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Bawen Yogyakarta Ruas Magelang Masuk Fase Pengadaan Tanah

Pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan ruas jalan tol Bawen-Yogyakarta di Kabupaten Magelang terdiri atas 44 desa di tujuh kecamatan.
Mobil melintasi ruas jalan tol Bawen-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (3/7)./Antara-Aditya Pradana Putra
Mobil melintasi ruas jalan tol Bawen-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (3/7)./Antara-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, MAGELANG - Proyek pembangunan jalan tol Bawen-Yogyakarta yang melintas di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, memasuki tahap pengadaan tanah kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Magelang Nanda Cahyadi Pribadi.

"Tahapan-tahapan untuk pelaksanaan pembangunan ruas jalan tol Bawen-Yogyakarta sudah memulai untuk pengadaan tanah, artinya penetapan lokasi sudah dilakukan," katanya pada rapat koordinasi pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan ruas jalan tol Bawen-Yogyakarta di Magelang, Rabu (8/6/2022).

Ia menyampaikan titik lokasi kecamatan, desa sampai dusun sudah ditetapkan. Hal ini disambut dengan baik oleh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Magelang dengan hadirnya ruas jalan tol Bawen-Yogyakarta.

"Kami harus bersyukur, tidak semua daerah otonom di Pulau Jawa ini atau di seluruh Indonesia telah menikmati yang namanya jalan tol, mungkin baru terbatas beberapa ruas atau beberapa daerah saja," katanya.

Menurut dia keberadaan jalan tol tersebut akan memberikan dampak yang strategis, sangat positif membuka akses, mempermudah akses atau koneksivitas. Apalagi kawasan Borobudur di Kabupaten Magelang telah masuk dalam destinasi super prioritas.

"Kami berharap semua masyarakat ikut mendukung, kami harap dari camat, kepala desa mari sambut pembangunan ruas jalan tol ini sebuah langkah besar dan strategis dari pemerintah untuk membantu mewujudkan masyarakat Kabupaten Magelang lebih sejahtera," katanya.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Magelang Triyono menyampaikan tahapan-tahapan pengadaan tanah terdiri atas perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan. Saat ini kegiatan untuk pembangunan ruas jalan tol Bawen-Yogyakarta telah memasuki tahapan pelaksanaan pembebasan tanah.

Pihaknya telah menyusun pelaksana pengadaan tanah sekretariat Satgas A dan Satgas B, yang akan melaksanakan rangkaian kegiatan pelaksanaan pengadaan tanah mulai dari inventarisasi dan identifikasi sampai dengan pembayaran ganti rugi kepada para pihak yang berhak.

"Kami mengharapkan kerja sama antara semua pihak sehingga progam prioritas nasional ini berjalan dengan lancar dan dapat selesai sesuai rencana," katanya.

Ia menyebutkan pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan ruas jalan tol Bawen-Yogyakarta di Kabupaten Magelang terdiri atas 44 desa di tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Ngluwar, Muntilan, Mungkid, Candimulyo, Tegalrejo, Secang, dan Grabag dengan total hampir 7.000 bidang tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper