Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suhu Ekstrem di Dataran Tinggi Dieng, Angka Mencapai 2 Derajat Celcius

Suhu udara di Dieng semakin rendah, sehingga muncul embun di pucuk daun atau rumput, maka kemungkinan besar sayuran tersebut akan segera rusak.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 30 Juni 2022  |  20:21 WIB
Suhu Ekstrem di Dataran Tinggi Dieng, Angka Mencapai 2 Derajat Celcius
Embun beku yang muncul akibat penurunan suhu hingga minus tujuh derajat celcius menyelimuti kompleks Candi Arjuna, di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (25/6/2019). - ANTARA/Idhad Zakaria

Bisnis.com, JAKARTA - Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah mulai memasuki musim dingin dan mencapai titik beku pada hari ini, Kamis (30/6/2022). 

Tercatat suhu permukaan tanah pun terus menurun mulai dari -1.5 derajat celcius hingga -1.93 derajat celcius. Artinya, suhu udara terhitung telah mencapai 2 derajat celcius.

Kemunculan embun es sudah terprediksi dari kemarin sore, Rabu (29/6/2022). Diiringi dengan tanda-tanda cuaca dari pagi sampai sore cerah disertai awan yang terbentuk sedikit.

Waktu terjadinya kondisi embun es mulai muncul saat dini hari menjelang pagi. Melihat gambar yang diambil oleh akun Instagram @ora_alone, embun es menyelimuti tanaman di perkebunan sayur milik penduduk sekitar.

Mengingat suhu udara yang sangat buruk, jika ditemukan embun di pucuk daun atau rumput, maka kemungkinan besar sayuran tersebut akan segera rusak. Embun es ini yang disebut oleh warga sekitar sebagai embun racun.

Adapun, alasan udara ekstrem ini terjadi adalah karena udara di wilayah pegunungan lebih renggang daripada dataran rendah sehingga membuat pendinginan terjadi dengan sangat cepat. Lebih khusus lagi, saat cuaca tidak dalam keadaan mendung atau hujan.

Uap air di udara akan mengalami kondensasi pada malam hari lalu mengembun untuk menempel jatuh di tanah, dedaunan, atau rumput.

Kondisi ini bukan pertama kalinya terjadi di Dataran Tinggi Dieng. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kemunculan embun es yang disebut warga merupakan embun racun berpotensi terjadi di setiap tahun. 

Pada 2021 lalu, kondisi embun es terjadi saat tanggal 10 Mei, 7 Juli, dan 15 hingga 16 Juli. Kemudian, pada 2022 embun es terjadi lebih awal, yaitu tanggal 4 Januari dan kembali terjadi tanggal 30 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dieng dataran tinggi dieng musim dingin
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top