Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal Pilpres 2024, Ini Suara Ketua PDIP Solo

Ada beberapa ungkapan Jawa yang berkaitan dengan figur-figur Presiden RI sejak zaman Soekarno, hingga Joko Widodo (Jokowi).
Kurniawan
Kurniawan - Bisnis.com 03 Juli 2022  |  14:48 WIB
Soal Pilpres 2024, Ini Suara Ketua PDIP Solo
FX Hadi Rudyatmo. - Antara

Bisnis.com, SOLO — Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, memiliki pandangan tersendiri dalam penentuan calon presiden (capres) yang akan maju di pemilihan presiden (pilpres) 2024. Dia mengusulkan pemilihan capres menggunakan mitos saja.

Hal itu disampaikan setelah dengan lantang menyebutkan Ganjar Pranowo sebagai presiden kedelapan RI berdasarkan rumus otak-atik gathuk yang dilakukan.

Hal itu dia sampaikan saat menjadi pembicara seminar Menakar Capres 2024 dalam Perspektif Hukum, Politik dan Sosial Budaya, gelaran DPC PDIP Solo di Pendapa RW 09 Pucangsawit, Jebres, Sabtu (2/7/2022) siang.

Selain Rudy, panggilan akrabnya, acara yang diikuti puluhan kader PDIP Solo itu juga menghadirkan Dosen Fakultas Hukum (FH) UNS, Agus Riewanto, sebagai pembicara.

Saat itu Rudy menyampaikan ungkapan Jawa yang menurut dia berkaitan dengan figur-figur Presiden RI sejak zaman Soekarno, hingga Joko Widodo (Jokowi). Seperti ungkapan Slamet Widodo Nir Ing Sambi Kala.

Terdapat kata widodo dalam ungkapan itu yang menurut Rudy merujuk kepada sosok Joko Widodo yang menjadi Presiden saat ini. Aksi Rudy mendapatkan tepuk tangan dan tawa girang puluhan peserta seminar.

“Kalau bangsa Indonesia dan negara ini bisa melaksanakan Tri Sakti nya Bung Karno, mestinya kita berdoa memohon anugerah dari Tuhan, bahasa Jawane Ganjaran. Nek pengin ganjaran ya Ganjar Pranowo,” ujar dia.

Mendengar pernyataan Rudy, sontak para peserta seminar tertawa lepas sembari bertepuk tangan. Tapi tidak berhenti di situ. Rudy melanjutkan aksi otak-atik gathuk-nya dengan mendefinisikan nama Ganjar Pranowo.

“Ini otak-atik gathuk Pak Agus. Pra bahasa Indonesia-nya apa? Sebelum. Nowo artine apa? Sembilan. Lah sak durunge songo [sembilan] pinten [berapa]? Wolu [delapan]. Lah presiden ke delapan adalah Ganjar Pranowo,” kata dia.

Rudy menjelaskan apa yang dia sampaikan adalah mitos. Tapi terkadang dari mitos itu bisa menjadi kenyataan. “Wes pokoke angger mitos itu rampung. Golek presiden kok angel-angel. Wes nganggo mitos wae [cari presiden kok susah-susah. Pakai mitos saja],” seru dia.

Rudy mengajak semua kader PDIP Solo mendoakan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, agar tidak melupakan mitos. “Mudah-mudahan Ketua Umum saya tidak lupa mitos, kita doakan terus ya,” ajak dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ganjar pranowo Pilpres 2024

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top