Taman Balekambang Solo Bakal Jadi Termewah Se-Asteng, Habiskan Rp198 M

Proyek revitalisasi Taman Balekambang Solo habiskan dana Rp198 miliar dengan total pemeliharaan capai ratusan juga tiap bulan.
Taman Balekambang Solo/Solopos/Nicolous Irawan
Taman Balekambang Solo/Solopos/Nicolous Irawan

Bisnis.com, SOLO - Taman Balekambang Solo akan menjadi taman paling mewah se-Asia Tenggara setelah revitalisasi selesai.

Taman di tengah kota Solo ini tengah dibangun sebagai proyek milyaran yang menghabiskan dana Rp198 miliar.

Dalam setahun, biaya pemeliharaan Taman Balekambang mencapai Rp2,4 miliar. Biaya ini pun diperkirakan naik setelah revitalisasi rampung.

Kepala UPT Kawasan Wisata Taman Balekambang Sumeh mengatakan, biaya pemeliharaan dan perawatan taman kurang lebih mencapai Rp200 juta per bulan.

“Konsep awal gedung kesenian dibangun mewah dengan ornamen-ornamen di dalam gedung yang harganya cukup mahal, Hal ini berimbas pada biaya pemeliharaan taman senilai Rp2,4 miliar dalam setahun,” katanya dikutip dari Solopos, Jumat (22/7/2022).

Desain proyek revitalisasi Taman Balekambang menggabungkan unsur seni dan budaya, taman outdoor, serta pusat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan produk unggulan Kota Solo.

Taman ini pun bakal dilengkapi amphitheater atau gelanggang terbuka untuk pertunjukan hiburan dan seni.

Amphitheater itu terkoneksi dengan gedung kesenian di dalam area taman. Di atas taman, bakal dibangun jalan untuk pengunjung agar bisa menikmati pesona taman dari sudut pandang berbeda. Pengunjung bisa berjalan kaki menyusuri jalan yang menghubungkan sisi timur dengan sisi barat.

Pintu Masuk Ditambah

Taman ini juga akan menambahkan pintu masuk, setelah sebelumnya memiliki tiga pintu masuk yang ada di sisi barat, timur dan utara.

“Sementara posisi akses jalan tambahan di area parkir kendaraan bermotor yang letaknya di sisi barat pintu timur. Jadi total ada empat akses jalan di area taman,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper