Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pekan Raya Kendal Jadi Momen Tekan Angka Pengangguran

Kabupaten Kendal sendiri memiliki Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di atas rata-rata Jawa Tengah.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 25 Juli 2022  |  18:05 WIB
Pekan Raya Kendal Jadi Momen Tekan Angka Pengangguran
Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto (tengah), membuka acara Job Fair bersamaan dengan gelaran Pekan Raya Kendal pada Senin (25/7/2022). - Istimewa/Pemkab Kendal

Bisnis.com, SEMARANG – Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar acara Pekan Raya Kendal (PRK) selama seminggu ke depan. Pada Sabtu (23/7/2022) kemarin, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, meresmikan acara PRK secara langsung di Stadion Utama Kebondalem.

Sebagai informasi, PRK digelar untuk menyemarakkan hari jadi Kabupaten Kendal ke-417. Namun demikian, gelaran tersebut tak cuma diramaikan dengan berbagai acara hiburan. Pemerintah Kabupaten Kendal juga menggelar agenda job fair pada 25-26 Juli 2022. Secara khusus, agenda Job Fair tersebut dilaksanakan untuk memfasilitasi para pencari kerja di wilayah Kendal. 

Job fair kali ini tentunya sangat istimewa karena masuk dalam rangkaian kegiatan PRK. Ke depan, secara bertahan job fair yang telah kita kembangkan mulai masuk dunia digital atau via online. Adanya kanal Kendal Karir dapat diakses oleh semua masyarakat, sehingga peluang kerja bisa segera diketahui,” jelas Dico Mahtado Ganinduto, Bupati Kendal, Senin (25/7/2022).

Pada gelaran PRK tahun ini, ada 31 perusahaan yang mengikuti acara job fair. Perinciannya, 26 perusahaan berasal dari Kawasan Industri Kendal (KIK) serta 5 perusahaan lain dari luar daerah seperti Kota Semarang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Kendal, Cicik Sulastri, menjelaskan bahwa ada 3.783 lowongan pekerjaan yang tersedia dalam gelaran job fair kali ini. Dari jumlah tersebut, ada 178 jabatan atau formasi yang dibutuhkan perusahaan. “Tentunya ini menjadi peluang besar bagi masyarakat Kendal,” jelasnya, dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Kendal.

Agenda Job Fair tersebut menjadi upaya Pemerintah Kabupaten Kendal dalam menekan angka pengangguran. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah, pada tahun ini ada 4.055 pencari kerja terdaftar dari Kabupaten Kendal. Angka tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun 2021 dimana jumlahnya mencapai 2.675 orang.

Kabupaten Kendal sendiri memiliki Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di atas rata-rata Jawa Tengah. Pada tahun 2021, TPT di tingkat provinsi berada di angka 5,95 persen. Sementara itu, di Kabupaten Kendal, TPT berada di angka 7,55 persen

Data tersebut menunjukkan tren kenaikan dalam tiga tahun terakhir. Pada 2019, BPS mencatat TPT di Kabupaten Kendal berada di angka 6,26 persen. Angkanya bahkan meningkat hingga di 7,56 persen pada 2020 lalu. Meskipun mengalami penurunan tipis di tahun 2021, namun sejak 2019 TPT di Kabupaten Kendal selalu berada di atas angka rata-rata Jawa Tengah.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Disperinaker Kabupaten Kendal bakal terus menggelar acara job fair. Tak berhenti di gelaran PRK saja, Disperinaker Kabupaten Kendal juga telah menyiapkan acara job fair mini yang bakal digelar setiap bulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengangguran kendal jateng

Sumber : kendalkab.go.id

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top