Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dekranasda Jateng Kirim 8 UKM ke Pameran Kriyanusa

UKM yang terpilih merupakan hasil seleksi ketat Dekranasda yang bekerja sama dengan desainer kondang Musa Widyatmodjo. 
Pengunjung memadati stand Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di acara pameran Kriyanusa 2022 yang digelar di JCC, Jakarta, Rabu (22/9/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P.
Pengunjung memadati stand Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di acara pameran Kriyanusa 2022 yang digelar di JCC, Jakarta, Rabu (22/9/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P.

Bisnis.com, JAKARTA – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Tengah mengirim delapan UKM kriya ke pameran Kriyanusa 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), 21-25 September 2022. UKM yang terpilih merupakan hasil seleksi ketat Dekranasda yang bekerja sama dengan desainer kondang Musa Widyatmodjo. 

Sekretaris Dekranasda Jateng, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Ema Rachmawati, mengatakan bahwa delapan UKM tersebut telah lolos kurasi dari sisi kualitas produk maupun harga. 

UKM yang terpilih juga memiliki produk yang berbeda-beda namun saling melengkapi. Hal tersebut sesuai dengan konsep “one stop shopping” yang diusung oleh Dekranasda Jateng. Yakni, ketika pengunjung mendatangi stand Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di pameran Kriyanusa, mereka akan menemui seperangkat kerajinan yang bisa dipakai lengkap untuk menunjang penampilan. 

“Jadi ketika perempuan berbelanja sudah ada bajunya, perhiasan, tasnya tak usah ke mana-mana, tapi sudah ada cocokannya. Selain ada dress, ada juga kain batiknya,” ujar Ema, ditemui di sela-sela persiapan penataan stand Dekranasda Jateng di JCC, Selasa (20/9/2022). 

Adapun kedelapan UKM Kriya yang ikut berpameran ke Kriyanusa 2022 adalah, Kenes Ayu Semarang (tas wanita), Defenta Kendal (tas wanita), D’ sultan Salatiga (akesoris), Zem Silver Demak (aksesoris), Muria Batik Kudus (batik dan baju siap pakai), Dahlia Kudus (bordir), Batik Gunung Kendil Rembang (kain batik tulis premium), Tenun Hoedas Jepara (tenun  premium). 

Selain berpameran, Ema menargetkan agar Kriyanusa juga berpengaruh pada pesanan para perajin. Mengingat, ini adalah pameran perdana, setelah dunia kerajinan diombang-ambing pandemi selama dua tahun. 

Selain ajang pamer, kegiatan ini diharap membuka pintu-pintu dagang baru bagi para perajin kriya di Jateng. 

“Terakhir ada pameran pada 2018, mudah-mudahan membuka pasar baru tidak cuma retail, tapi yang lebih besar dan jangka panjang atau repeat order,” pungkas Ema. 

Ketua Deskranasda Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo menambahkan bahwa sampai saat ini ada lebih dari 2.000 UMKM yang tergabung ke Deskranasda Jawa Tengah dan siap untuk dibina. Salah satu fasilitas yang diberikan untuk UMKM binaan adalah mengajak mereka mengikuti berbagai pameran, seperti Kriyanusa. 

Menurut Atikoh, produk UMKM paling banyak dari Jawa Tengah didominasi oleh berbagai jenis batik, aksesoris dan tas. Semua produk yang ditampilkan didominasi untuk perempuan, namun jika ada pria yang tertarik dengan produk UMKM itu juga bisa memesan langsung kepada UMKM yang hadir di acara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper