Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saksi-saksi Ledakan di Dekat Aspol Sukoharjo Diperiksa

Ledakan di dekat asrama polisi Grogol tersebut dipastikan tidak terkait aksi terorisme. Sampel barang bukti sudah diamankan dan sisanya dilakukan disposal.
Magdalena Naviriana Putri
Magdalena Naviriana Putri - Bisnis.com 26 September 2022  |  14:34 WIB
Saksi-saksi Ledakan di Dekat Aspol Sukoharjo Diperiksa
Polisi berjaga di lokasi terjadinya ledakan di Asrama Grogol Indah Baru,Telukan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022). Menurut Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Aqudusy, dari laporan awal ledakan berasal dari sebuah paket dalam wadah kardus cokelat yang mengakibatkan seorang polisi bernama Bripka Dirgantara Pradipta terluka. - Antara/Maulana Surya.
Bagikan

Bisnis.com, SUKOHARJO — Kepolisian hingga saat ini telah memeriksa tujuh saksi terkait ledakan paket berisi bahan petasan di dekat Asrama Polisi (Aspol) Arumbara, Desa Telukan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) malam.

Saksi-saksi yang diperiksa di antaranya adalah pengirim paket, penerima paket, dan anggota Sat Intelkam Polresta Surakarta. Usai pemeriksaan, dipastikan ledakan di dekat asrama Polisi Sukoharjo berasal dari bubuk mercon dan bukan aksi teror.

Hal itu disampaikan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam rilis yang diterima JIBI, Senin (26/9/2022).

Kapolda menegaskan, ledakan di dekat asrama polisi Grogol tersebut dipastikan tidak terkait aksi terorisme. Sampel barang bukti sudah diamankan dan sisanya dilakukan disposal atau dimusnahkan.

Sementara itu, menurut keterangan warga sekitar, Sunardi suara ledakan terdengar sekitar pukul 17.55 WIB.

“Ada suara ledakan yang cukup keras, warga sini pada kaget pintu-pintu sama jendela terbuka sendiri, dan kotoran-kotoran yang di atas genting pada jatuh,” ucapnya saat ditemui di sekitar lokasi kejadian.

Seusai mendengar suara ledakan di dekat Asrama Polisi Sukoharjo tersebut, Sunardi mengatakan tidak langsung keluar rumah. Dia justru mengira suara ledakan tersebut berasal dari trafo listrik yang meledak.

Selang beberapa menit ia mencari sumber suara tersebut, ternyata ada korban yang kondisinya sudah tergeletak.

“Saya kira ada trafo listrik yang meledak ternyata listrik masih menyala, saya keluar mencari sumber suara ternyata ada korban yang cukup parah,” terangnya.

Hingga Senin pagi, Polisi menjaga ketat lokasi ledakan di asrama brimob Sukoharjo yang menyebabkan satu anggota polisi terluka itu.

Sebelumnya, berdasarkan siaran pers dari Humas Polda Jateng yang diterima JIBI, disebutkan ledakan terjadi pada Minggu (25/9/2022) sekitar pukul 18.00 WIB. Lokasi ledakan yakni di samping rumah Asrama Polisi Arumbara Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo.

Ledakan itu mengakibatkan satu orang terluka atas nama Bripka Dirgantara Pradipta, 35. Korban yang merupakan anggota Polresta Solo langsung dilarikan ke RS Indriati Solo Baru sebelum kemudian dirujuk ke RSUD dr Moewardi Solo.

Hingga Minggu malam, berdasarkan keterangan pers tersebut, Unit Penjinak Bom (Jibom) tengah berada di lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara di rumah tersebut.

Barang bukti ledakan di dekat asrama Polisi Sukoharjo berupa satu kotak paket kardus warga cokelat muda yang masih utuh dan serpihan bekas ledakan diamankan pada Minggu malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkab sukoharjo jateng jateng

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top