Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lima Anak di Jateng Terkena Gagal Ginjal Akut

Di Jawa Tengah ada indikasi-indikasi yang muncul dan beberapa di antaranya orang Jawa Tengah tapi dirawat di Sardjito.
Ginjal sehat./boldsky.com
Ginjal sehat./boldsky.com

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus memantau perkembangan kasus Gagal Ginjal Akut (GGA) yang menyerang anak-anak.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta agar seluruh rumah sakit dan pelayanan kesehatan mencatat data dengan baik. Sampai saat ini sudah tercatat lima anak Jawa Tengah terkena GGA.

“Sekarang kita pantau terus menerus alhamdulillah kemarin di Jawa Tengah indikasi-indikasi yang muncul dan beberapa di antaranya orang Jawa Tengah tapi dirawat di Sardjito,” katanya, Rabu (26/10/2022).

Mantan anggota DPR RI itu juga meminta Dinas Kesehatan untuk meminta seluruh data pasien. Khususnya dari rumah sakit dan yankes di Jawa Tengah.

“Semuanya. Sehingga kita bisa tahu yang mereka terindikasi GGA itu agar cepat direspons dan diperhatikan langsung ke lab, sehingga treatment kita tidak keliru,” tegasnya.

Lima anak yang terindikasi GGA, Ganjar tak mendetailkan di kabupaten kota mana saja. Hanya salah satunya saat ini menjalani perawatan di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

“Maka saya minta untuk itu direkam semuanya. Maka dari catatan yang kurang lebih lima inilah kemudian saya minta untuk seluruh yankes yang ada mencatat dengan baik agar kita mengerti,” ujarnya.

Di sisi lain, gubernur jateng dua periode itu juga terus menggencarkan sosialisasi ke masyarakat. Khususnya terkait obat-obatan yang diimbau pemerintah pusat untuk tak dikonsumsi.

“Pemerintah sudah mengeluarkan imbauan untuk obat-obatan jenis tertentu itu tidak digunakan,” katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper