Belasan Jadwal Penerbangan di Bandara Ahmad Yani Terganggu Cuaca Buruk

Belasan jadwal penerbangan sejumlah maskapai di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani terganggu cuaca buruk.
Ilustrasi-Petugas di Bandara Internasional Ahmad Yani sedang memandu pesawat yang hendak parkir di tengah hujan lebat./Istimewa
Ilustrasi-Petugas di Bandara Internasional Ahmad Yani sedang memandu pesawat yang hendak parkir di tengah hujan lebat./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Belasan jadwal penerbangan sejumlah maskapai di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Sabtu, terdampak cuaca buruk dan tingginya intensitas hujan sehingga mengalami keterlambatan serta pengalihan.

“Hingga hari ini pukul 12.00 WIB terdapat 13 penerbangan yang terdampak, baik kedatangan maupun keberangkatan dengan rute penerbangan dari dan ke Jakarta, Balikpapan, Ketapang, dan Banjarmasin,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto di Semarang, Sabtu.

Selain keterlambatan keberangkatan, kata dia,terdapat satu jadwal penerbangan dari Banjarmasin yang terpaksa dialihkan ke Surabaya.

Ia mengemukakan bahwa kondisi di area terminal bandara saat ini terpantau lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang.

Menurut dia, manajemen PT Angkasa Pura I beserta seluruh pemangku kepentingan terkait melakukan koordinasi dan kolaborasi sehingga operasional bandara tetap berjalan dengan baik meskipun dengan kondisi cuaca ekstrem.

Setelah sempat terdampak cuaca buruk, lanjut dia, kini operasional bandara telah berjalan normal kembali dengan melayani keberangkatan pesawat pertama yaitu Wings Air IW 3806 tujuan Semarang-Pangkalan Bun pada pukul 12.20 WIB dan kedatangan pesawat pertama yaitu Lion Air JT 506 tujuan Jakarta-Semarang.

“Kondisi runway siap beroperasi dengan pemantauan oleh petugas sehingga apabila terjadi kondisi yang mengganggu operasional penerbangan dapat segera dilakukan penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Ia menyebut cuaca buruk juga menyebabkan adanya genangan air di ruas jalan menuju bandara dan sebagai upaya untuk mempermudah akses pengguna jasa dari dan menuju bandara, manajemen PT Angkasa Pura I bersama Pangkalan Udara Utama Angkatan Darat Ahmad Yani Semarang, dan Satuan Korps Brimob Polda Jateng menyediakan kendaraan penjemputan bagi para penumpang yang tertahan di luar bandara.

“Mengingat curah hujan masih tinggi dan terdapat genangan air di beberapa titik lokasi pada jalan menuju dan dari bandara, kami mengimbau kepada pengguna jasa untuk tetap berhati-hati,” katanya.

Pihaknya berharap cuaca segera membaik sehingga kegiatan operasional bandara dapat berjalan lancar, aman, dan tetap nyaman, demikian Hardi Ariyanto .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper