Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Khas Hotel Semarang Konsisten Perkenalkan Muslim Lifestyle Hingga ke Menu Kuliner

Executive Chef Khas Hotel Semarang Yana Hendriana punya jam terbang tinggi, baik di dalam hingga luar negeri.
Executive Chef Khas Hotel Semarang, Yana Hendriana. /Bisnis - M. Faisal Nur Ikhsan
Executive Chef Khas Hotel Semarang, Yana Hendriana. /Bisnis - M. Faisal Nur Ikhsan

Bisnis.com, SEMARANG — Executive Chef Khas Hotel Semarang, Yana Hendriana, bukan orang baru di Kota Semarang. Di dapur, pria itu sudah punya puluhan tahun pengalaman. Lebih-lebih di Kota Lumpia. Tak heran jika Chef Yana paham betul selera lidah warga Semarang.

Menurut Chef Yana, warga Semarang cenderung menyukai hidangan bercita rasa asin dengan sedikit campuran manis.

Selain masalah rasa, Chef Yana menyebut Kota Semarang juga begitu sensitif dengan kuantitas makanan yang dihidangkan. "Kami menjual 50 gram lebih banyak, supaya menarik di plating. Kelihatan lebih banyak," jelas Chef Yana saat ditemui Bisnis pada Selasa (3/1/2023) siang.

Dari segi plating pun, Kota Semarang punya seleranya sendiri. Chef Yana menyebut, menu yang disajikan mesti menarik secara presentasi.

Dari sekian banyak karakter itu, Chef Yana menjelaskan bahwa Khas Hotel Semarang berupaya untuk bisa memenuhi setiap ekspektasi tamu yang datang. Tentunya, tak cuma ekspektasi dari segi rasa. Dengan konsep muslim lifestyle yang diangkat Khas Hotel Semarang, Chef Yana dan timnya mesti memeras otak buat memanfaatkan sebaik mungkin bahan-bahan masakan yang terbatas.

"Halal food itu adalah tantangan, bagaimana cara kita menampilkan bahan yang terbatas untuk bisa berkembang. Seperti pada kue yang harus pakai liquor, atau menu chinese food yang biasanya menggunakan arak.  Harus memainkan rasa tanpa bahan itu," jelas Chef Yana.

Lebih lanjut, Chef Yana sendiri menjagokan menu-menu tradisional Kota Semarang sebagai menu andalan Khas Hotel Semarang. Alasannya, untuk menjaga reputasi dan nama baik hotel.

"Menu kami betul-betul makanan khas Semarang. Ada tahu gimbal sebagai makanan pembuka. Main course, ada ayam goreng khas Semarang. Bahkan di breakfast, kita punya lontong glewo, ini makanan jadul banget. Bahkan waktu saya perkenalkan, sebagian bingung," ungkapnya.

Selain menu-menu tradisional, Chef Yana juga berupaya untuk mengeksplorasi aneka jajanan atau street food yang juga khas Kota Semarang.

"Kami bikin semisal pada event tahun baru kemarin. Apa yang sekiranya jarang ada di sini dimasukkan. Seperti menu angkringan, orang lihat biasanya hanya di pinggir jalan. Tetapi kemarin saya praktikkan, tamu-tamu dari Jakarta, dari luar Semarang, justru sangat tertarik," tuturnya.

Sedikit bocoran dari Chef Yana, diungkapkan bahwa dalam waktu dekat Khas Hotel Semarang bakal memperkenalkan menu Lumpia Bandeng. Menu itu dipilih untuk mengeksplorasi dua hidangan yang sudah menjadi ciri khas Kota Semarang.

"Tidak hanya local food juga yang kita buat di sini. Jadi ada beberapa macam makanan yang kita kombinasikan. Antara western dan local food kita kombinasikan juga. Akan kita lihat momennya," jelas Chef Yana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper