50 Perbankan Dukung Akselerasi Penggunaan QRIS di Jateng

BI bersama 50 perbankan di Jawa Tengah berkomitmen untuk mendukung penyediaan uang rupiah layak edar dan akselerasi penggunaan QRIS di Jateng.
Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra, berfoto bersama pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam acara Safari Rupiah. /Foto: Istimewa
Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra, berfoto bersama pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam acara Safari Rupiah. /Foto: Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Bank Indonesia (BI) menggelar kegiatan Safari Rupiah pada Minggu (5/3/2023). Dalam kegiatan itu, BI bersama 50 perbankan di Jawa Tengah berkomitmen untuk mendukung penyediaan uang rupiah layak edar dan akselerasi penggunaan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) di Jawa Tengah.

BI berkomitmen untuk menyediakan uang layak edar bagi masyarakat, termasuk menjaga kelancaran sistem pembayaran QRIS," tegas Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra.

Lebih lanjut, Rahmat menyebut BI berkomitmen untuk terus menjaga stabilitas nilai Rupiah melalui kebijakan moneter serta makroprudensial yang dilakukan. Tentunya, upaya tersebut dibarengi dengan kolaborasi dan sinergi antara BI dengan seluruh perbankan di Jawa Tengah.

"Upaya ini menjadi tanda keseriusan BI dalam memperkuat sistem pembayaran tunai maupun nontunai di Jawa Tengah. BI akan melibatkan berbagai unsur kalangan, termasuk pelajar, tenaga pendidik, dan pekerja dalam edukasi Cinta, Bangga, Pahan (CBP) Rupiah dan transaksi melalui QRIS," jelas Rahmat.

Kegiatan Safari Rupiah tersebut mengusung tema "Memaknai Perjalanan Rupiah, Katalisator Ekonomi Jawa Tengah". Sebagaimana telah dijelaskan oleh Rahmat, Safari Rupiah juga menjadi kick-off dari program edukasi CBP Rupiah yang bakal dilakukan sepanjang tahun 2023 ini. Tak cuma di Kantor Perwakilan BI (KPw BI) Provinsi Jawa Tengah, program serupa juga bakal digelar di Kota Surakarta, Kota Tegal, juga Kota Yogyakarta.

Adapun kegiatan Safari Rupiah yang digelar di Kota Semarang juga dihadiri oleh perwakilan pemerintah setempat. Nana Storada Dwi Martiadi, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekretariat Daerah Kota Semarang, hadir untuk mewakili Wali Kota Semarang.

Dalam sambutannya, Nana menyampaikan pesan dari Wali Kota Semarang. "Diharapkan masyarakat, khususnya di Kota Semarang, mendukung kegiatan ini dengan terus mencintai Rupiah dan menggunakan QRIS sebagai kanal pembayaran sehari-hari," ucapnya.

Safari Rupiah yang digelar BI itu direspon positif oleh masyarakat Kota Semarang. Sekitar 1.000 orang peserta hadir dan ikut meramaikan kegiatan tersebut. Wakil Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Fathan Subchi yang juga hadir secara langsung, merespon positif kegiatan tersebut. "[Saya] mengapresiasi upaya BI dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat Jawa Tengah melalui komitmen bersama perbankan," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper