Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyak Kecelakaan Sebabkan Tol Boyolali Disebut Jalur Tengkorak, Apa Artinya?

Pihak kepolisian mengatakan bahwa Tol Boyolali yang menjadi TKP kecelakaan pada Jumat (14/4/2023) pagi merupakan jalur tengkorak, ini artinya.
Antrean kendaran hendak memasuki Jalan Tol Semarang - Demak. /Bisnis-Alif Nazzala R.
Antrean kendaran hendak memasuki Jalan Tol Semarang - Demak. /Bisnis-Alif Nazzala R.

Bisnis.com, SOLO - Kecelakaan beruntun terjadi di tol Boyolali hingga sebabkan 8 orang meninggal dunia pada Jumat (14/4/2023) pagi.

Kasatlantas Polres Boyolali AKP Herdi Pratama menyebut tol Semarang-Solo wilayah Boyolali yang menjadi lokasi kecelakaan merupakan jalur tengkorak.

Jalur tengkorak sama artinya dengan black spot dan fatigue area lantaran sering jadi kecelakaan atau laka maut.

Maka dari itu, AKP Herdi meminta pengendara untuk berhati-hati ketika lewat tol Boyolali.

“Tol Boyolali ini memang titik black spot atau daerah yang sering terjadi lakalantas. Bisa dibilang ini supaya orang-orang mengingat kalau ini jalur tengkorak,” katanya Jumat, dikutip dari Solopos.

Ia mengatakan kemungkinan pengemudi tak beristirahat karena berpikir ada rest area berikutnya yang lebih besar atau juga merasa tujuannya sudah dekat seperti di Solo atau Ngawi.

“Sehingga itulah yang menyebabkan para pengemudi meskipun lelah tetap memaksakan diri membawa kendaraannya,” kata dia.

Lokasi tempat kecelakaan tersebut disebut menjadi tempat parkir pagi sopir truk untuk melakukan sahur. Padahal bahu jalan tol berfungsi sebagai sarana emergency seperti misal pecah ban, mogok atau kehabisan bensin.

“Tapi bukan untuk istirahat, ini juga ada suatu kesalahan di sini. Tadi ada yang beralasan rest area penuh. Dan mungkin kami ketahui bahwa rest area kami di 487 kurang besar,” jelasnya.

Laka maut di tol Boyolali

Jumat (14/4) pagi terjadi kecelakaan maut karambol melibatkan delapan kendaraan dan delapan orang meninggal dunia serta enam orang luka-luka.

Kecelakaan ini merupakan kejadian laka maut kali kesekian di Tol Boyolali.

Dari catatan Solopos, sebelum kejadian pada Jumat ini, kecelakaan maut mobil Alphard sundul truk terjadi di jalan tol Solo-Semarang KM 490 di Dukuh Singit, Desa Trayu, Banyudono, Boyolali, Kamis (24/11/2022) sekitar pukul 04.15 WIB.

Peristiwa mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. Kemudian pada 3 September 2022, lima orang meninggal dunia akibat kecelakaan maut mobil Honda Mobilio menabrak kendaraan tak dikenal di tol wilayah Mojolegi, Teras, Boyolali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler