Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minat Investor Saham, Reksadana dan Obligasi dari Solo Meningkat

Kenaikan jumlah investor tersebut memperlihatkan minat masyarakat Solo Raya terhadap instrumen saham, reksadana dan obligasi makin meningkat.
Pengunjung mengamati pergerakan saham./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Pengunjung mengamati pergerakan saham./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, SOLO — Bursa Efek Indonesia (BEI) optimistis jumlah investor pasar modal di Solo Raya hingga akhir tahun 2023 dapat mencapai 300.000 orang.

Kepala Kantor BEI Jateng 2, Muhammad Wira Adibrata di Solo, Senin (1/5/2023) mengatakan saat ini jumlah investor pasar modal di Solo Raya sebanyak 216.660 investor. Angka ini mengalami kenaikan 7.994 investor dibandingkan akhir tahun lalu.

Ia mengatakan kenaikan jumlah investor tersebut memperlihatkan minat masyarakat Solo Raya terhadap instrumen saham, reksadana dan obligasi makin meningkat.

"Khususnya anak-anak muda dengan rentang usia 18-25 tahun dan usia produktif 31-40 memberikan kontribusi terbesar yakni 65 persen," katanya.

Sementara itu, untuk terus meningkatkan jumlah investor pasar modal, pihaknya sudah menyusun 609 kegiatan dengan target peserta mencapai 69.000 masyarakat umum.

"Dengan kegiatan dan dukungan dari berbagai stakeholder BEI Jateng 2 optimistis 2023 jumlah investor akan terus naik dan tembus di angka 300.000 investor," katanya.

Pihaknya juga terus gencar melakukan edukasi bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perusahaan efek di Solo Raya ke berbagai kalangan masyarakat.

"Mulai dari pelajar, mahasiswa, pengusaha bahkan ke aparatur sipil negara," katanya.

Ia mengatakan Pemkot Surakarta melalui Tim Percepatan Ekonomi Daerah (TPAKD) Kota Surakarta, BEI dan OJK telah berkomitmen mengedukasi ASN dengan meluncurkan program Solo Ceria yaitu Solo Cerdas Investasi Aman.

"Selain Pemkot Surakarta, Pemkab Karanganyar dan Pemkab Boyolali juga mendukung penuh upaya BEI Jateng 2 dalam melakukan edukasi pasar modal dan telah memasukkan edukasi pasar modal ke dalam program TPAKD," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper