Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Kereta Api Baru Bakal Beroperasi dari Solobalapan per 1 Juni

Dioperasikannya KA baru tersebut diharapkan akan menambah pilihan perjalanan menggunakan kereta api.
Penumpang kereta api./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.
Penumpang kereta api./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.

Bisnis.com, SOLO - Dua kereta api (KA) baru akan beroperasi dari Stasiun Solobalapan, Solo, Jawa Tengah mulai 1 Juni 2023, yakni KA Manahan dengan relasi Solobalapan-Gambir (PP) dan KA Banyubiru dengan relasi Solobalapan-Semarangtawang (PP).

Manager Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta Franoto Wibowo, di Solo, Senin (16/5/2023) mengatakan pengoperasian kedua KA tersebut sebagai upaya KAI dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat.

"Pada tahap awal, baik KA Manahan maupun KA Banyubiru akan beroperasi pada akhir pekan," katanya pula.

Ia mengatakan dengan dioperasikannya KA baru tersebut diharapkan akan menambah pilihan perjalanan menggunakan KA, sehingga masyarakat dapat menyesuaikan dengan waktu yang diinginkan.

Untuk menambah minat masyarakat, di awal operasi, pihaknya menerapkan tarif promo, yakni KA Manahan seharga Rp200.000 dan KA Banyubiru dengan tiket Rp30.000 untuk kelas eksekutif dan Rp20.000 untuk kelas ekonomi.

"Tarif promo ini berlangsung pada bulan Juni 2023," katanya.

Pihaknya berharap dengan adanya KA baru akan mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi umum.

Dia mengatakan, mengingat pembelian tiket kereta api jarak jauh dapat dilakukan sejak H-30, sehingga saat ini masyarakat sudah bisa membeli tiket KA-KA tersebut.

Sementara itu, jadwal baru tersebut sudah tercantum dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021 yang sebelumnya sudah diberlakukan.

Ia mengatakan terdapat berbagai faktor yang melatarbelakangi perubahan Gapeka dari 2021 ke 2023, di antaranya adanya jalur ganda yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan seperti di lintas Gedebage-Haurpugur, pengoperasian lintas double-double track (DDT) Cakung-Bekasi, peningkatan kecepatan prasarana di berbagai lintas hingga 120 km/jam, perubahan sistem persinyalan, serta pengoperasian Jembatan nomor 1120 lintas Bumiayu-Linggapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler