Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kudus Mengusulkan Bantuan Benih untuk 444 Hektare Lahan

Ratusan hektare sawah yang diusulkan tersebut, tersebar di Kecamatan Undaan, Jekulo, Kaliwungu, dan Mejobo.
Ilustrasi menanam padi./Ist
Ilustrasi menanam padi./Ist

Bisnis.com, KUDUS - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengusulkan bantuan benih tanaman padi kepada pemerintah pusat untuk lahan seluas 444 hektare guna menghadapi dampak fenomena El Nino dan mengurangi beban petani.

"Ratusan hektare sawah yang diusulkan tersebut, tersebar di Kecamatan Undaan, Jekulo, Kaliwungu, dan Mejobo," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Agus Setiawan, di Kudus, Kamis (14/9/2023).

Nantinya, kata dia, setiap hektare sawah petani akan mendapatkan bantuan benih padi sebanyak 25 kilogram.

Ia berharap bantuan bibit benih padi tersebut dapat meringankan beban petani dalam menghadapi musim kemarau seperti sekarang.

Untuk mendapatkan air irigasi, kata dia lagi, petani memang harus mengeluarkan biaya ekstra karena ada yang harus mengambil menggunakan mesin pompa serta ada yang memakai sumur dalam yang terdapat di beberapa titik di area persawahan.

Dengan adanya bantuan benih, diharapkan target luas tanam tanaman padi selama 2023 seluas 26.338 hektare yang tersebar di sembilan kecamatan bisa tercapai. Sedangkan luas tanam pada bulan September 2023 sekitar 293 hektare.

"Kami perkirakan luas areal tanamnya akan bertambah, karena dalam waktu dekat akan dimulainya musim tanam pertama," ujarnya pula.

Terkait dengan ketersediaan pupuk, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jateng guna memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi.

Kalaupun belum tersedia cukup, maka petani diminta untuk memulai menggunakan pupuk organik karena beberapa petani sudah mencoba dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler