Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta-fakta Kecelakaan Maut di Exit Tol Bawen

Berikut sederet fakta kecelakaan maut yang terjadi di pertigaan atau exit tol Bawen, Sabtu (23/9/2023).
Anshary Madya Sukma, Restu Wahyuning Asih
Minggu, 24 September 2023 | 11:20
Tangkapan layar video detik-detik kecelakaan di pertigaan Bawen/istimewa
Tangkapan layar video detik-detik kecelakaan di pertigaan Bawen/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menyampaikan kecelakaan maut di exit tol Bawen pada Sabtu (23/9/2023) disebabkan kendaraan tronton mengalami rem blong.

Akibatnya, kecelakaan maut pun terjadi dan truk menabrak sejumlah kendaraan yang berhenti di lampu merah.

Kronologi

Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Agus Suryo Nugroho menjelaskan kronologi kecelakaan yang terjadi di exit tol Bawen. Awalnya, kendaraan tronton akan melintas dari arah Bawen menuju Salatiga.

"Saat berada di exit tol Bawen kendaraan tronton tidak bisa mengendalikan lajunya kendaraan diduga rem blong. Saat di pertigaan exit tol lampu traffic light kondisi merah," kata Agus dalam keterangannya, Minggu. 

Kemudian, kendaraan itu menabrak secara beruntun kendaraan, dengan perincian sembilan motor dan tujuh mobil.

"Sehingga kendaraan tronton menabrak secara beruntun yang melibatkan sembilan kendaraan roda dua dan tujuh kendaraan roda empat," 

Jumlah korban

Jumlah korban kecelakaan maut per Minggu pagi sebanyak empat orang yang meninggal dunia. Kemudian korban mengalami luka berat satu orang dan luka ringan 26 orang.

Dalam hal ini, Polda Jateng memastikan bakal membantu dan menolong korban, termasuk melakukan olah TKP.

"Kami akan lakukan Olah TKP dengan teknologi accident analysis atau tiga dimensi untuk memastikan gambaran peristiwa dan keterangan saksi tentunya akasi2 lain serta melakukan gelar perkara untuk memastikan peristiwa kecelakaan tentunya juga merekomendasi atau menduga tersangka pada saat gelar tersebut,"

Ditanggung Jasa Raharja

Secara terpisah, Jasa Raharja Jawa Tengah akan menanggung biaya pengobatan dan santunan kematian para korban kecelakaan di pertigaan Bawen pada Sabtu (23/9).

Kepala Sub Bagian Administrasi Santunan Jasa Raharja Jawa Tengah Afriyanti mengatakan bahwa pihaknya akan mendata seluruh korban kecelakaan.

“Korban yang di rawat di rumah sakit nanti akan kami terbitkan surat jaminan. Sehingga para korban sudah ditanggung biaya perawatannya sampai dengan maksimal Rp20 juta,” kata Afriyanti, Sabtu malam.

Sementara itu, untuk korban meninggal dunia, kata Afriyanti, pihaknya akan memberikan santunan kematian sebesar Rp50 juta kepada keluarga korban. Untuk itu, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan terhadap para korban yang mengalami luka berat, ringan, dan meninggal dunia.

Kesaksian korban selamat

Seorang korban yang selamat bernama Deni Danasari mengungkapkan bahwa sebelum kecelakaan terjadi, ia mendengar suara klakson panjang.

Deni tengah berhenti di lampu merah atau traffic light. Tiba-tiba, dirinya terdengar suara klakson panjang dari arah belakang.

Tak selang beberapa lama, truk tronton menabrak belasan mobil dan motor yang tengah berhenti di lampu merah.

“Karena posisi saya di sebelah kiri, dekat markah, saya sempat kena truk dan oleng juga. Kesenggol kendaraan yang kena tabrak truk,” ujar perempuan asal Kota Semarang kepada Solopos.com di Rumah Sakit At-Tin Bawen, Sabtu malam.

Kecelakaan itu membuatnya luka-luka. Namun teman yang diboncengnya mengalami patah tulang kaki sebelah kanan.

“Kondisi kendaraan saya rusak ringan. Dan tadi sempat jatuh juga,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler