Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Gelar Festival Motor Listrik 2023 di Surakarta

Kegiatan tersebut menjadi bentuk dukungan PLN dalam upaya mengakselerasi transisi penggunaan kendaran listrik di masyarakat.
PLN menggelar Festival Motor Listrik 2023 di Kota Surakarta pada Minggu (3/12/2023). /Foto: Istimewa
PLN menggelar Festival Motor Listrik 2023 di Kota Surakarta pada Minggu (3/12/2023). /Foto: Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Komitmen PLN untuk mendorong transisi energi bersih dan mencapai target Net Zero Emission (NZE) pad 2060 diwujudkan salah satunya melalui akselerasi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau Electric Vehicle (EV). Di Jawa Tengah, dukungan tersebut diberikan dengan menggelar Festival Motor Listrik 2023 di Kota Surakarta pada Minggu (3/12/2023).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi, menyatakan bahwa dukungan PLN dalam upaya transisi penggunaan kendaraan listrik terlihat dengan banyaknya pembangunan infrastruktur pendukung seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Lebih lanjut, aplikasi PLN Mobile juga mempermudah pengguna kendaraan listrik untuk menemukan lokasi SPKLU di Jawa Tengah.

Selain itu, pengguna kendaran listrik juga bisa memanfaatkan layanan home charging dari PLN untuk mengisi daya kendaraannya di rumah.

"Pengguna EV tidak perlu risau, sebab infrastruktur yang dibangun lebih merata. PLN telah membangun 31 SPKLU dengan 45 unit EV Charger yang tersebar di 22 Kota/Kabupaten wilayah Jateng dan DI Yogyakarta," jelas Soffin.

Nana Sudjana, Pj. Gubernur Jawa Tengah, mengapresiasi langkah PLN tersebut. "Kami tentunya menyambut baik kegiatan Festival Motor Listrik 2023 ini, sebagai komitmen kita bersama untuk menuju transisi energi bersih dengan pemakaian kendaraan ramah lingkungan," jelasnya.

Sementara itu, Gigih Udi Atmo selaku Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), berterima kasih atas kolaborasi apik yang telah terjalin bersama PLN. Kerja sama itu diharapkan dapat mengurangi emisi kendaraan sekaligus memutus ketergantungan Indonesia terhadap impor Bahan Bakar Minyak (BBM).

Festival Motor Listrik 2023 merupakan pertemuan antara penggerak ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan masyarakat luas. Dalam acara tersebut, digelar kompetisi modifikasi kendaraan listrik untuk komunitas, pameran motor listrik, hingga test drive dan workshop motor listrik.

Tujuan digelarnya acara itu adalah untuk memberi inspirasi, memupuk rasa bangga, sekaligus meningkatkan kesadaran bersama akan peran motor listrik sebagai pendukung aktivitas sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper